8 Paspor Calhaj Pangkalpinang Masih Proses

Jumlah kuota calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Pangkalpinang tahun 2018 ini sebanyak 210 orang.

8 Paspor Calhaj Pangkalpinang Masih Proses
Bangka Pos/Edwardi
Nurmala, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pangkalpinang 

Laporanj Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Jumlah kuota calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Pangkalpinang tahun 2018 ini sebanyak 210 orang. Jumlah ini ada sedikit penambahan dibandingkan tahun yang lalu.

Hal ini diungkapkan Nurmala, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pangkalpinang ditemui Bangkapos.com, Kamis (8/3/2018) di ruang kerjanya.

“Awalnya jumlah calon jamaah haji (calhaj) Kota Pangkalpinang ada 209 orang, kemudian ada 3 calhaj meninggal dunia dan 3 calhaj menunda keberangkatan. Dengan adanya jamaah yang meninggal dan menunda secara otomatis naik porsi 7 orang, sehingga total menjadi 210 orang,” kata Nurmala.

Ditambahkannya, saat ini sudah menyiapkan paspor untuk para calhaj dan sudah hampir rampung, tapi masih sekitar 8 calhaj yang dalam proses.

Karena pembuatan paspor untuk jamaah haji Pangkalpinang ini dekat dengan Kantor Imigrasi sehingga banyak dilakukan secara mandiri.

“Untuk proses pemeriksaan kesehatan juga sudah rampung semuanya, karena ada 7 orang calhaj yang naik porsi, 5 calhaj sudah diberitahukan sedangkan dua calhaj lagi baru akan diinformasikan untuk cek kesehatan,” jelasnya.

Dilanjutkannya, biasanya surat edaran dari Kemenag untuk pelunasan biaya haji paling lambat minggu ketiga atau keempat bulan Maret ini, namun ini baru wacana karena belum ada surat edarannya.

“Sebagai petugas, kami menginformasikan kepada para calhaj jangan sampai tidak bisa melunasi biaya haji ini, karena bisa menyebabkan keberangkatan tertunda,” imbuhnya.

“Jadi untuk persiapan cek kesehatan dan paspor calhaj Pangkalpinang semuanya sudah hampir rampung,” tegasnya.

Diungkapkannya, total calhaj untuk Provinsi Babel ada 1.061 orang dan petugas TPHD-nya ada 8 orang, sehingga total 1.069 orang.

“Untuk jumlah kuota calhaj Pangkalpinang tahun ini 210 orang lebih banyak dibandingkan calhaj tahun lalu. Cuma untuk penetapan jumlah kuota jjamaah haji ini bukan kewenangan kemenag kabupaten/kota, penetaan kuota ni dari Kemenag pusat per provinsi,” jelasnya.

Dilanjutkannya, untuk kabupatenkota itu tergantung kepada waktu jamaah mendaftar, masuk atau tidak passing grade nya, jadi dari kuota 1,061 orang untuk provinsi babel itu, siapa saja sih yang masuk dalam kuota calhaj Pangkalpinang. Jadi bukan pihak kemenag Pangkalpinang yang menentukan berapa jumlah kuota untuk Pangkalpinang tapi ha itu berdasarkan waktu antrian pendaftaran calhaj itu sendiri.

“Jadi setelah dikalkulasi dari 1.061calhaj jatah kuota Provinsi Babel itu ternyata jumlah calhaj yang terdaftar masuk di Pangkalpinang ada 210 orang,” jelasnya.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help