Babel Belum Dapat Kloter Keberangkatan Haji, Kloter 1 Diperkirakan Berangkat 17 Juli

Persiapan sudah dilakukan para calhaj asal Pangkalpinang untuk manasik haji sudah diatur dari Kemenag pusat.

Babel Belum Dapat Kloter Keberangkatan Haji, Kloter 1 Diperkirakan Berangkat 17 Juli
Bangka Pos/Edwardi
Para calhaj Kota Pangkalpinang mendatangi petugas Kemenag Pangkalpinang untuk menanyakan berbagai keperluan administrasi yang perlu dipersiapkan para calhaj 

Laporanj Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Nurmala, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pangkalpinang mengatakan persiapan yang sudah dilakukan para calhaj asal Pangkalpinang untuk haji'>manasik haji sudah diatur dari Kemenag pusat dari dana optimalisasi dengan persetujuan DPR.

“Selama ini ada 10 kali kegiatan manasik haji, dimana di tingkat kecamatan ada 8 kali dan di tingkat kabupaten/kota ada 2 kali. Tapi ada wacana yang berkembang bahwa untuk kegiatan manasik ini dibalik, jadi untuk tingkat kabupaten/kota ada 8 kali dan tingkat kecamatan 2 kali namun ini belum ada SK nya, baru wacana saja,” kata Nurmala ditemui di kantornya, Kamis (8/3/2018).

Nurmala, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pangkalpinang
Nurmala, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pangkalpinang (Bangka Pos/Edwardi)

Dijelaskannya untuk kegiatan haji'>manasik haji ini masih menunggu cairnya dana dari Kemenag pusat, selanjutnya baru disalurkan ke KUA-KUA yang ada di setiap kecamatan.

“Bila semua kegiatan manasik di KUA-KUA rampung baru selanjutnya kita mengadakan kegiatan manasik di tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Selain itu Nurmala juga mengimbau  kepada para calhaj yang ingin menambah ilmunya agar mengikuti bimbingan manasik yang dilaksanakan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang sudah ada izin dari Kemenag Pangkalpinang.

“Saat ini untuk di Pangkalpinang ada tiga KBIH yang sudah mendapatkan izin dari Kemenag Pangkalpinang, dimana silabus (kurikulum) pelajaran haji ini sudah disamakan dengan yang diajarkan oleh Kemenag Pangkalpinang. Kita berharap semakin sering calhaj belajar dan mengikuti manasaik haji ini bisa menjadi lebih mandiri saat pelaksanaan ibadah haji disana,” harapnya.

Ditambahkannyam untuk keberangatan calhaj tahun 2018 secara nasional untuk kloter 1 akan berangkat tanggal 17 Juli 2018, bila tidak ada perubahan jadwal.

Sedangkan untuk calhaj Provinsi Babel untuk pengambilan kloter ini menggunakan system cabut lot (undian) di Kemenag pusat, perwakilan Babel akan mencabut lot itu nanti baru ditentukan hasil kloternya.

“Untuk tahun 2017 lalu, calhaj Babel berada di kloter 6,7 dan 8. Tapi tahun 2018 ini kita belum tahu berada di kolter berapa. Untuk tempat hotel calhaj Babel juga tergantung dari hasil undian itu, apakah berada di dekat atau jauh dari Masjidil Haram,” jelasnya.

Dilanjutkannya, kalau dapat tempat penginapan yang jauh maka panitia haji menyediakan bis sholawat, tapi yang jaraknya dekat missal 1-2 km maka jamaah ckup berjalan kaki saja.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved