Kondisi Pasar Pagi Jorok, Tempat Wudhu Kotor hingga Kotoran Manusia

Kondisi pasar tradisional dimanapun tempatnya tidak bisa lepas dari kesan kumuh, semrawut dan becek.

Kondisi Pasar Pagi Jorok, Tempat Wudhu Kotor hingga Kotoran Manusia
Bangka Pos/Resha Jauhari
Seorang warga sedang mengambil air wudhu ketika akan menunaikan sholat di Pasar Pagi, Kota Pangkalpinang, Kamis (8/3/2018). Tempat mengambil air wudhu tersebut tampak terlihat kotor dan kumuh. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Resha Juhari

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kondisi pasar tradisional dimanapun tempatnya tidak bisa lepas dari kesan kumuh, semrawut dan becek. Seperti yang terjadi di Pasar Pagi, Kota Pangkalpinang. Terlebih saat musim penghujan seperti sekarang ini, kesan kumuh sudah menjadi pemandangan sehari-hari bagi warga yang akan berbelanja di Pasar Pagi.

Pantauan Bangkapos.com saat Pjs Walikota Pangkalpinang Asyraf Suryadin, melakukan Inpeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar itu, Kamis (8/3/2018). Kondisi Pasar kian memprihatinkan, seperti yang terjadi pada lantai dua. Di area tempat akan melakukan sholat dan mengambil wudhu serta toilet sangat terlihat kumuh dan kotor. Pada Toilet, banyak kotoran yang tidak dibersihkan dan tempat wudhu terlihat sangat kotor.

"Saya minta besok pasar pagi ini tolong di tata dibersihkan. Jangan terlihat kotor seperti ini. Sarana prasarana yang rusak tolong diperbaiki. Termasuk toilet-toilet nya," kata Asyraf dalam sidak tersebut.

Caption: Seorang warga sedang mengambil air wudhu ketika akan menunaikan sholat di Pasar Pagi, Kota Pangkalpinang, Kamis (8/3/2018). Tempat mengambil air wudhu tersebut tampak terlihat kotor dan kumuh.

Seorang warga sedang mengambil air wudhu ketika akan menunaikan sholat di Pasar Pagi, Kota Pangkalpinang, Kamis (8/3/2018). Tempat mengambil air wudhu tersebut tampak terlihat kotor dan kumuh.
Seorang warga sedang mengambil air wudhu ketika akan menunaikan sholat di Pasar Pagi, Kota Pangkalpinang, Kamis (8/3/2018). Tempat mengambil air wudhu tersebut tampak terlihat kotor dan kumuh. (Bangka Pos/Resha Jauhari)

Ada Kotoran Manusia dan Bangkai Hewan di Lantai II Pasar Pagi

Sejumlah pedagang di pasar pagi kota Pangkalpinang, mengeluhkan banyak nya sampah dan kotoran di lantai dua bangunan Pasar Pagi.

Ironisnya, tak hanya kotoran sampah, namun kotoran manusia dan bangkai binatang juga beserakan di gedung lantai dua bangunan pasar pagi.

Keluhan ini diutarakan pedagang dihadapan Pjs Walikota Pangkalpinang Asyraf Suryadin, disela-sela menggelar inpeksi mendadak (Sidak) ke kawasan pasar pagi, Kamis (8/3/2018) tadi pagi.

Kotoran manusia di lantai pasar pagi
Kotoran manusia di lantai pasar pagi (Bangka Pos/ Anthoni)

Azizul satu dari puluhan pedagang mengaku, hampir tiap pagi dirinya menyiram dan membersihkan sampah dan kotoran yang ada di lantai dua tempat dirinya berdagang. Dirinya mensinyalir ada oknum yang sengaja buang air sembarangan.

" Setiap pagi pak saya nyiram dan membersihkan kotoran manusia di blok lantai dua ini pak. Sampai-sampai pedagang disini ngelus dada. Kayak nya sengaja mereka buang air disini," ujarnya, " ujar Azizul sembari menunjukkan ember yang digunakan menyiram kotoran tersebut, Kamis (8/3/2018).

Penulis: Resha Juhari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved