Pencairan Tahap 1 Dana Desa, Bangka Tengah Paling Besar

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan alokasi dana desa dari pemerintah pusat tahun 2018 sebesar Rp 264,29 miliar

Pencairan Tahap 1 Dana Desa, Bangka Tengah Paling Besar
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Babel Supendi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan alokasi dana desa dari pemerintah pusat tahun 2018 sebesar Rp 264,29 miliar yang akan dicairkan dalam tiga tahapan.

Tahapan pertama yaitu 20 persen, sudah mulai dicairkan pemerintah pusat ke rekening kas umum daerah sejak Februari lalu. Namun, untuk tahap pertama di Babel baru empat kabupaten yang mendapatkan transfer dari pemerintah pusat.

Baca: Wagub Sebut 85 Persen, Kadis PMD Babel Klaim Penyerapan Dana Desa 91 Persen

Empat kabupaten yang sudah ditransfer oleh pemerintah pusat yaitu kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka, dan Bangka Tengah.

"Untuk tahap 1 yang 20 persen itu baru 4 Kabupaten yang sudah disalurkan pemerintah pusat, Belitung kita salurkan 23 Februari, Beltim 21 Feb, Bangka 27 Feb, dan Bangka Tengah 1 Feb, dua kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan belum mungkin karena ada yang belum lengkap dari kabupaten," kata  Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Babel Supendi, Rabu (8/3/2018).

Baca: Dana Desa di Babel Hanya Terserap 85 Persen, ini Kata Wagub

Supendi menyebutkan, dana desa yang ditransfer dari pusat bersifat kolektif. Untuk pencarian tahap pertama ini, desa hanya perlu menyampaikan APBDes.

"Transfer ini kolektif di transfer ke kabupaten. Harapannya kalau ada desa yang belum, ayo desa yang lain dan sudah ini dikasih tau. Karena 1 desa bisa berdampak ke 1 kabupaten, kasian desa yang sudah bagus," katanya.

Ia menyebutkan dari empat kabupaten yang sudah disalurkan, baru dua kabupaten yang menyalurkan ke rekening desa.

"Dari RKUD ke RKDes yang sudah disalurkan ke rekening desa baru 2 bangka tengah dengan nilai Rp 9,4 miliar. Kabupaten Belitung dari Rp 7,7 Miliar, posisi tanggal 7 maret sudah disalurkan dari RKUD ke Rekening desa Rp 5,09 miliar atau masih sisa di RKUD sebesar Rp 2,6 Miliar," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved