Penyerapan Dana Desa Rendah, KPPN Sebut Faktor ini

KPPN DJPb Mencatat realisasi penyerapan Dana Desa 2017 hingga Maret 2018 di Kabupaten Belitung mencapai 67,2 persen.

Penyerapan Dana Desa Rendah, KPPN Sebut Faktor ini
Pos Belitung/Dede Suhendar
Kepala KPPN Belitung RD Yen Yen Nuryeni. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Berdasarkan data Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Direktorat Jenderal Perbendahraan (DJPb) tentang realisasi penyerapan Dana Desa 2017 hingga Maret 2018 di Kabupaten Belitung mencapai 67,2 persen.

Sedangkan untuk Kabupaten Beltim sudah mencapai 91,00 persen.

"Dana Desa 2017 sudah disalurkan dari Kas Umum Negara (KUN) ke rekening Kas Umum Daerah (KUD) hingga ke rekening kas desa. Data ini berdasarkan data online monitoring sistem perbendaharaan anggaran negara (Omspan). ," ujar Kepala KPPN Belitung RD Yen Yen Nuryeni saat ditemui posbelitung.co, Kamis (8/3/2018).

Oleh sebab itu, kata dia, KPPN sudah sempat menggelar forum groups disscusion (fgd) dua kali selama awal tahun 2018. Kegiatan tersebut mengundang perangkat desa, pemda dan pendamping desa untuk duduk bersama melakukan evaluasi kendala yang terjadi selama 2017.

Yen Yen menilai, kendala yang terjadi dominan pada laporan pertanggungjawaban. Hal ini dikarenakan, kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola Dana Desa bervariasi.

"Jadi ada yang sudah paham, ada yang belum," katanya.

Berbicara tupoksi, kata Yen Yen, pada dasarnya KPPN tidak memiliki kewenangan untuk menekan angka penyerapan Dana Desa.

Akan tetapi, melihat permasalahan yang terjadi KPPN mencoba menjembatani dan membantu kesulitan yang dihadapi dalam pengelolaan Dana Desa.

"Kami bisa memanggil dua pemda ini, Belitung dan Beltim, kita duduk bersama saling sharing. Kelebihan dan kekurangannya bisa menjadi leason learn untuk nanti ke depannya," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved