APBD Babel Defisit, Pemprov Ajukan Format Coret Pembiayaan

Yan Megawandi mengakui APBD Bangka Belitung defisit sehingga harus menghapus beberapa pembiayaan pada bidang-bidang tertentu

APBD Babel Defisit, Pemprov Ajukan Format Coret Pembiayaan
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Sekda Babel, Yan Megawandi. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti


BANGKAPOS.COM, BANGKA-
Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi angkat bicara terkait penolakan DPRD Babel menolak format yang dibuat tim eksekutif pemerintah provinsi, Jumat (9/3) pada rapat badan anggaran di DPRD.

Dikatakan Yan bahwa penolakan ini karena belum adanya persamaan persepsi antara pemerintah provinsi Bangka Belitung dengan DPRD.

"Kami diminta menyusun konsep lagi untuk kepentingan bersama. Butuh penyamaan persepsi namun yang lebih penting kita butuh ini (penyusunan anggaran APBD 2018 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) dalam waktu yang tidak lama," ujar Sekda Babel Yan Megawandi saat ditemui bangkapos.com usai rapat anggaran.

Dalam keterangannya Yan Megawandi mengakui APBD Bangka Belitung defisit sehingga harus menghapus beberapa pembiayaan pada bidang-bidang tertentu.

Berdasarkan evaluasi yang pernah disampaikan dari Kemendagri APBD kabupaten dan provinsi diharuskan menangani kewenangan dan kewajiban di level pemerintahan masing-masing.

"Beberapa hal yang perlu kita sampaikan, yang bukan sesungguhnya kewajiban provinsi seharusnya tidak didanai oleh dana provinsi karena sifatnya bantuan. Kita bekerja di kewenangan masing-masing kecuali kalau lebih (anggaran APBD) baru kita bantu," tambahnya.

Alotnya pembahasan rasionalisasi anggaran APBD 2018 ini juga menjadi pelajaran pemerintah provinsi Bangka Belitung pada pembagian anggaran APBD 2019.

Dikatakan Yan selama ini CSR belum menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan.

"Ada perkiraan pendapatan yang tidak mungkin kita dapatkan sehingga harus melakukan pemindahan beban anggaran. Ini juga menjadi platform APBD 2019 nanti agar ditawarkan perusahaan yang mau CSR semisal untuk bidang kesehatan dan lingkungan," harap Yan Megawandi. (*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help