Kemenag Pangkalpinang Terbitkan Pedoman Penomoran Akta Ikrar Wakaf

Penyelenggara Syari’ah melakukan inovasi pemutakhiran data tanah wakaf dengan cara menerbitkan pedoman tatacara penomoran AIW

Kemenag Pangkalpinang Terbitkan Pedoman Penomoran Akta Ikrar Wakaf
Bangka Pos/Edwardi
Erkandi. Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Pangkalpinang

Laporanj Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang melalui Penyelenggara Syari’ah melakukan inovasi dalam hal pemutakhiran data tanah wakaf dengan cara menerbitkan pedoman tatacara penomoran Akta Ikrar Wakaf (AIW).

Tujuannya untuk mewujudkan tertib administrasi di bidang perwakafan, khususnya di Kota Pangkalpinang.

Hal ini diungkapkan Erkandi, Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Pangkalpinang, Jumat (9/3/2018) di kantornya.

Erkandi mengatakan bahwa selama ini belum terjadi keseragaman dalam hal penomoran akta ikrar wakaf,, karena masih adanya multi tafsir dalam memahami aturan tentang penomoran AIW tersebut.

Atas dasar hal itu, maka beliau berinisiatif untuk menyusun pedoman tatacara penomoran AIW yang benar sesuai aturan yang berlaku.

“Yang menjadi referensi kami dalam penyusunan pedoman penomoran Akta Ikrar Wakaf ini adalah buku-buku pedoman tentang perwakafan yang diterbitkan oleh Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Pusat yang kemudian kami rangkum dan sinkronkan dengan formulir ikrar wakaf terbaru,” kata rErkandi.

Dijelaskannya, pedoman yang disusunnya tersebut tidak hanya menjabarkan tentang tatacara penomoran AIW, tapi juga memuat tentang prosedur persyaratan pengurusan AIW sampai dengan penerbitan sertifikat wakaf, sehingga diharapkan dapat memudahkan para Kepala KUA sebagai Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) dan para Nadzir sebagai pengelola wakaf.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dalam praktik perwakafan sehari-hari, banyak persoalan yang timbul antara lain disebabkan karena ikrar wakaf tidak memenuhi ketentuan sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved