Sembilan Raperda Akan Dibahas DPRD Belitung Tahun Ini

Sebanyak sembilan rancangan peraturan daerah (raperda) akan dibahas oleh DPRD Belitung sepanjang 2018 ini.

Sembilan Raperda Akan Dibahas DPRD Belitung Tahun Ini
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Sekretaris DPRD Belitung Warsito 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - ‎Sebanyak sembilan rancangan peraturan daerah (raperda) akan dibahas oleh DPRD Belitung sepanjang 2018 ini.

Kesembilan raperda tersebut telah disepakati dalam program legislasi daerah (prolegda) Belitung yang telah disahkan pada Desember 2017 silam.

"Raperda-raperda ini adalah raperda kumulatif tertutup yang disepakati dalam prolegda. Artinya di luar raperda kumulatif terbuka kayak raperda APBD, LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawbaan), atau raperda yang karena ada UU di atasnya yang mengharuskan adanya perda," ujar Sekretaris DPRD Belitung Warsito ditemui Pos Belitung, Jumat (9/3/2018).

Kesembilan raperda yang masuk Prolegda Belitung tersebut adalah raperda Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Tanjungpandan, raperda pengendalian, pengawasan industri, pengedaran dan penjualan minuman beralkohol. Selain itu ada pula raperda kewenangan Pemkab Belitung, perlindungan hak anak dan perempuan dari tindak kekerasan, perubahan raperda Pembentukan Susunan Perangkat Daerah, raperda Penetapan Desa hingga Raperda Badan Usaha Milik Desa.

Dua sisanya adalah raperda inisiatif DPRD Belitung yakni raperda pengaturan reklame dan raperda Corporate Social Responsibility.

"Kalau anggarannya kan melekat di Alat Kelengkapan Dewan. Paling anggaran tambahannya untuk muatan isi yang perlu perbandingan, seperti studybanding itu iuh biaya sekitar Rp 350 juta lah," ucap Warsito. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved