Bedakan Ruang Redaksi dan Iklan, Begini Pengawasan Media di Tahun Politik

Media harus betul-betul membedakan mana ruang redaksi dan mana ruang iklan. Jangan sampai terjadi kekeliruan

Bedakan Ruang Redaksi dan Iklan, Begini Pengawasan Media di Tahun Politik
Bangka Pos/Idandi Meika Jovanka
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo saat diskusi publik terkait pengawasan bersama dan pembentukan gugus tugas 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo menegaskan posisi ideal pers harus non partisan dan bekerja untuk kepentingan publik sesuai kode etik jurnalistik.

Sehingga, perlu pengawasan dan pemberian sanksi guna menertibkan oknum-oknum tertentu terutama pada tahun politik seperti saat ini.

“Media harus betul-betul membedakan mana ruang redaksi dan mana ruang iklan. Jangan sampai terjadi kekeliruan yang menyebabkan dewan pers harus melakukan tindakan tegas,” ungkap Yosep dalam penyampaian materinya terkait posisi media dalam pemilu, Sabtu (10/3).

Ia menjelaskan perbedaan tugas yang harus di mengerti media, yakni pemimpin umum/ CEO bertugas mengembangkan usaha grup.

Pimpinan redaksi wajib menjaga independensi dan meningkatkan mutu jurnalisme.

Lalu, pemimpin perusahaan bertugas memajukan bisnis melalui pendapatan iklan, oplah, promosi, dan lain-lain.

Baginya, ketiga tugas tersebut sangat jelas sehingga jika terjadi pelanggaran perlu tindak lanjut yang tegas dan perlu pengawasan.

Selama tahun politik, pimpinan umum atau CEO akan di awasi KPU supaya supaya tidak menggunakan media untuk ambisi pribadi atau partai dan mencampuri newsroom.

Lalu, Dewan Pers atau KPI mengawasi pimpinan redaksi agar tetap netral, non partisan, taat kode etik jurnalistik, penerapan firewall, dan tidak melakukan framing.

“Bawaslu juga akan turut mengawai pemimpin perusahaan terhadap pengaturan pesan politik hanya berbentuk advetorial atau iklan,” ujarnya.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved