Durian Manis dengan Tekstur Sempurna Ternyata Dipengaruhi Faktor Ini

Kondisi alam ternyata berpengaruh pada kadar nutrisi yang sampai ke buah, sehingga membuatnya manis dengan tekstur yang sempurna.

Durian Manis dengan Tekstur Sempurna Ternyata Dipengaruhi Faktor Ini
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Meskipun kecil, durian hasil silangan durian lay Kalimantan, dengan durian Rancamaya, Bogor menghasilkan rasa yang manis dan warna yang indah. 

BANGAPOS.COM, JAKARTA - Buah durian yang lezat ternyata amat bergantung dari waktu selama ia tumbuh bunga hingga panen.

Kondisi alam pada waktu durian tumbuh, ternyata berpengaruh pada kadar nutrisi yang sampai ke buah, sehingga membuatnya manis dengan tekstur yang sempurna.

Hal tersebut disampaikan Salim (50), pemilik kios Durian Salim yang sudah 20 tahun lebih menggeluti dunia durian.

Pertemanannya dengan durian berawal dari 1995, saat ditugaskan di Taman Buah Mekarsari, Bogor.

Baca: Mumpung Lagi Panen Raya, Yuk Wisata Sambil Menikmati Durian di Desa Adat Baduy

Kini ia mendistribusikan durian dari lebih 20 kota di Indonesia.

Kepada KompasTravel ia menjelaskan kapan waktu terbaik yang menghasilkan durian dengan kelezatan maksimal.

"Kondisi terbaik itu pas berbunga di musim hujan, tapi menjelang panennya itu kering atau musim panas," tutur Salim, saat ditemui KompasTravel dalam acara Durian Fiesta di Blok M Square, Rabu (7/3/2018).

Durian lay yang dijual dam acara Wisata Durian, di Botani Square, Bogor, Sabtu (25/11/2017). Durian lay yang dijual dam acara Wisata Durian, di Botani Square, Bogor, Sabtu (25/11/2017). (KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Menurutnya, lama waktu perkembangan buah durian mulai bunga hingga masak ialah empat bulan.

Dalam masa itulah seharusnya durian mendapatkan nutrisi yang cukup, dipengaruhi oleh kondisi alamnya.

"Pas hujan dia mengisi banyak nutrisi, bunga durian mulai tumbuh. Setelah itu, harusnya mulai masuk panas, daunnya gugur nutrisi masuk ke buah, jadi manisnya naik," tutur Salim, berdasarkan pengalamannya menangani durian 22 tahun.

Baca: 5 Desa Ini Terpencil tapi Super Indah yang Jadi Impian Wisatawan di Dunia

Namun, lanjut Salim, kini cuaca sudah tak bisa diprediksi, yang sudah seharusnya masuk musim panas, ternyata masih saja hujan. Akibatnya bunga durian malah kembali rontok diterpa hujan.

"Harusnya sudah mulai panas, tapi teryata bulan depan masih deras intensitas hujannya, gagal bunganya jadi buah," katanya.

Salim (55) ahli durian yang sejak 1995 telah menggeluti raja buah ini di Taman Buah Mekarsari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)
Salim (55) ahli durian yang sejak 1995 telah menggeluti raja buah ini di Taman Buah Mekarsari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA) ()

Selain itu juga kondisi panas menurut Salim akan sangat membantu proses masaknya durian. Tekstur durian pun akan kering sesuai jenisnya, tidak terlalu lembek dengan banyaknya kadar air.

"Kalau yang pas mateng dan panennya musim panas, itu rata-rata bagus manisnya, teksturnya sesuai, nggak berlebihan air," kata Salim. (Kompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Buah Durian Bisa Dibilang Sangat Lezat?"

//
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help