Hujan Deras di Pangkalpinang Tapi Tak Banjir, Ini Yang Telah Dilakukan Pemkot

Pemerintah Kota Pangkalpinang tahun ini telah mengeluarkan anggaran cukup besar untuk program pengentasan banjir.

Hujan Deras di Pangkalpinang Tapi Tak Banjir, Ini Yang Telah Dilakukan Pemkot
Bangka Pos/Ardhina Trisila Sakti
Suparlan Dulaspar 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang tahun ini telah mengeluarkan anggaran cukup besar untuk program pengentasan banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang Suparlan, mengatakan untuk normalisasi sungai dan kolong di 2018, Pemda Kota Pangkalpinang mengerahkan APBD sebesar Rp 70 miliar.

Dana program pengentasan banjir ini ditambah dengan bantuan dabah dari pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar Rp 25 miliar.

Anggaran ini untuk normalisasi sungai yang dilakukan dengan cara pengerukan menggunakan alat berat sebagai usaha pencegahan banjir. Terbukti hujan deras kemarin Pangkalpinang terbilang aman dari banjir meski ketinggian air meningkat.

Kepala BPBD Kota Pangkalpinang, Baharuddin Atas mengatakan pengerukan aliran sungai bermanfaat menampung air selama 2-3 jam. Secara geografis, 30 persen kawasan di Pangkalpinang termasuk dataran rendah dan berada di bawah permukaan air laut.

"Walau air pasang normal namun kalau hujan, daerah Pelipur dan RRI itu sudah tergenang," ujarnya kepada bangkapos.com, Senin (13/3/2018)

Senada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan menjelaskan pengerukan aliran sungai cukup mempengaruhi debit air yang tertampung. Namun menurutnya Pangkalpinang terlepas dari resiko banjir akibat kondisi hujan seharian kemarin tak diperparah dengan air laut pasang.

"Pasang itu bulan Desember, Februari dan Meret. Namun level air laut tertinggi antara November dan Februari. Terbukti banjir Pangkalpinang 2016 lalu di bulan Februari," jelas Suparlan.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved