Home »

Lokal

» Bangka

Wagub Ajak Pemda Perjuangkan Pembangunan Jembatan Trans Sumatera Ke Presiden Jokowi

Wakil Gubernur Babel mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk memperjuangkan pembangunan Jembatan Trans Sumatera.

Wagub Ajak Pemda Perjuangkan Pembangunan Jembatan Trans Sumatera Ke Presiden Jokowi
Bangka Pos / Nurhayati
Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah didampingi Plt Bupati Bangka Rustamsyah berfoto bersama para narasumber dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Maritim dan Bappenas, pada Musrenbang Pemkab Bangka 2019, Selasa (13/3/2018) di Restoran Pelangi Hotel Tanjung Pesona. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Wakil Gubernur Babel mengajak pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memperjuangkan pembangunan Jembatan Trans Sumatera.

Jembatan tersebut akan menghubungkan Sumatera, Bangka dan Belitung.

Dia menilai dengan pembangunan jembatan ini maka arus barang dan jasa akan berjalan lancar karena sebagai daerah kepulauan, Bangka Belitung pasokan sembako bergantung dari luar daerah sehingga mengandalkan transportasi pesawat dan kapal.

"Kalau cuaca buruk kapal tidak bisa berlayar. Pelabuhan di Pangkalbalam bongkar muat barang perlu waktu. Pembangunan jembatan ini sudah dalam program strategis nasional," jelas Abdul Fatah saat pembahasan Musrenbang Pemkab Bangka 2019, Selasa (13/3/2018) di Restoran Pelangi Hotel Tanjung Pesona.

Untuk pembangunan Jembatan Trans Sumatera ini rencananya akan dibahas bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Diperkirakan panjang Jembatan Trans Sumatera yang akan dibangun sepanjang 13,5 dan membutuhkan biaya sekitar Rp 4 trilyun hingga Rp 5 trilyun.

"Kita bahas ini dengan presiden. Rencananya akan datang bulan April. Ini konektifitas pembangunan nasional," kata Fatah.

Pada pembahasan Musrenbang Pemkab Bangka Tahun 2019 ini ia minta agar program pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka bisa selaras dengan pembangunan di provinsi dan pusat. Dengan demikian lebih mudah mendapatkan dana dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Diakuinya prioritas pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah pengembangan agropolitan, pariwisata ekonomi, infrastruktur dan pembangunan demokrasi.

Untuk pengembangan pariwisata menurut Fatah saat ini juga Pemprov Babel sedang memperjuangkan terbentuknya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Bangka Tengah dan KEK di Kabupaten Bangka.

Oleh karena itu perlu adanya dukungan bersama dari Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah dalam memperjuangkan KEK. Sedangkan untuk Belitung sekarang sudah terbentuk KEK Tanjung Kelayang.

"Kalau di Belitung no way penambangan di laut, kita ingin mengembangkan pariwisata," tegas Fatah.

Pembahasan Musrenbang Pemkab Bangka 2019 ini juga menghadirkan Budi Purwanto selaku Asisten Deputy Bidang Hukum dan Kerjasama Maritim Kementerian Maritim, Lokot Ahmad Enda selaku Asisten Deputy Pengembangan Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Andi Setyo Pambudi dari Bappenas sebagai narasumber.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help