Mengerikan! Ini 3 Prediksi Stephen Hawking tentang Nasib Manusia dan Bumi

Semasa hidupnya, Stephen Hawking yang meninggal pada 14 Maret 2018 pernah mengungkapkan beberapa prediksi tentang nasib manusia dan bumi

Mengerikan! Ini 3 Prediksi Stephen Hawking tentang Nasib Manusia dan Bumi
chemtrailsplanet
Stephen Hawking 

BANGKAPOS.COM - Semasa hidupnya, Stephen Hawking yang meninggal pada 14 Maret 2018 pernah mengungkapkan beberapa prediksi tentang nasib manusia dan bumi yang kontroversial.

Berikut adalah empat di antaranya:

1.  Bersaing dengan kecerdasan buatan

Pada saat ini, kita sudah mulai mengkhawatirkan mengenai persaingan antara kecerdasan buatan dan manusia. Otomatisasi oleh robot saja telah menggusur posisi manusia di beberapa ruang kerja.

Hawking pun punya kekhawatiran yang sama, tetapi lebih jauh dari sekadar menyusutnya lapangan pekerjaan bagi manusia.

Dilansir dari Wired pada Oktober lalu, Hawking mengatakan, "Aku khawatir AI (kecerdasan buatan) akan bisa menggantikan manusia sepenuhnya. Jika manusia merancang komputer dengan virus, suatu saat nanti seseorang akan merancang AI yang bisa meningkatkan dan mereplikasi dirinya sendiri. AI ini akan menjadi bentuk kehidupan baru yang mengalahkan manusia."

Oleh karena itulah, Hawking dan para pakar AI, serta pengusaha teknologi seperti Elon Musk, menandatangani sebuah surat terbuka pada 2015 yang meminta dilaksanakannya penelitian mengenai dampak kecerdasan buatan terhadap masyarakat, termasuk pencegahan masalah dan cara mengambil manfaat kecerdasan buatan bagi manusia.

Baca: Beli Hanya Rp 3,4 Juta, Motor Honda Astrea Grand 1991 ini Kini Ditawar Rp 80 Juta

Baca: Perlu Rp 16 Miliar, Pemkab Bateng Minta Bantu SDA Tangani Masalah Banjir di Desa Nibung

2. Bumi yang mendidih

Menyusul keputusan Donald Trump untuk mengeluarkan Amerika Serikat dari persetujuaan Paris tentang perubahan iklim, Hawking angkat bicara.
Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved