Pi Day, Perayaan Sejarah Diakuinya Konstanta 3,14

Pertama kali diakui 30 tahun yang lalu pada tahun 1988 oleh fisikawan Larry Shaw, pengamat Pi Day sering merayakannya

Pi Day, Perayaan Sejarah Diakuinya Konstanta 3,14

BANGKAPOS.COM -- Tepat hari ini, 14 Maret 2018, Google memasang doodle bergambar Pi di laman utama situs pencarian terbesar di dunia itu.

Apa sih maksudnya? Ternyata Google dan semua orang di dunia sedang memperingati hari Pi.

Dilansir melalui google, dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Maret (3,14), Pi Day didedikasikan untuk konstanta matematika, Pi.

Pertama kali diakui 30 tahun yang lalu pada tahun 1988 oleh fisikawan Larry Shaw, pengamat Pi Day sering merayakannya dengan sepotong kue favorit mereka untuk menghormati nama yang terdengar lezat.

Dicatat oleh huruf Yunani "π", pi mewakili rasio antara keliling lingkaran (perimeter) dengan diameternya (jarak dari sisi ke sisi yang melewati pusat), dan merupakan elemen fundamental dari banyak bidang matematika, Geometri paling signifikan.

Meskipun matematikawan modern telah menghitung lebih dari satu tempat desimal TRILLION di luar standar "3,14," pi adalah bilangan irasional yang berlanjut sampai tak terhingga! Ini adalah unsur penting dalam formula untuk area lingkaran, A = πr².

Doodle yang lezat hari ini - dipanggang dan dibangun oleh koki pastry pemenang penghargaan dan pencipta Cronut® Dominique Ansel - memberi penghormatan kepada konstanta matematika yang menyeluruh ini dengan mewakili formula pi (lingkar dibagi dengan diameter) menggunakan - apa lagi - pie!

Pergilah balik layar Doodle hari ini di bawah ini!

Hari Pi telah dirayakan dengan berbagai cara, termasuk makan pai, melempar pai dan membahas pentingnya bilangan π.

Hal ini karena adanya permainan kata-kata berdasarkan kata-kata "pi" dan "pie" (pai) yang merupakan homofon dalam bahasa Inggris (pronunciation: /paɪ/).

Massachusetts Institute of Technology sering mengirimkan surat aplikasi kepada calon mahasiswa untuk diterima sebagai mahasiswa pada Hari Pi.

Mulai tahun 2012, MIT telah mengumumkan bahwa pihaknya akan memposting keputusan tersebut (pribadi) secara online di Hari Pi pada pukul 6:30 waktu setempat, yang mereka sebut "Tau Time", untuk menghormati nomor saingan pi yaitu tau (2π) bersama-sama.

Pada tahun 2015, keputusan reguler dilakukan secara online pada pukul 9:26 pagi, mengikuti "moment pi" hari itu.

Di Princeton, New Jersey, biasanya diselenggarakan berbagai acara dalam perayaan gabungan Hari Pi dan ulang tahun Albert Einstein, yang juga 14 Maret.

Einstein tinggal di Princeton selama lebih dari dua puluh tahun saat bekerja di Institute for Advanced Study. Selain makan pai dan lomba menghafal desimal pi, ada pula kontes mirip Einstein tahunan.(*)

Penulis: teddymalaka
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help