'Hedekah Ume' Wujud Syukur Warga Lepar Pongok atas Rezeki Bercocok Tanam

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, menghadiri acara "Hedekah Ume" di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

'Hedekah Ume' Wujud Syukur Warga Lepar Pongok atas Rezeki Bercocok Tanam
ist
Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, menghadiri acara Hedekah Ume di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (15/3/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, menghadiri acara Hedekah Ume di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (15/3/2018)

Dihadapan warga Desa Tanjung Labu, Justiar mengatakan "hedekah Ume" merupakan tradisi yang menunjukkan rasa syukur atas rezeki yang diperoleh masyarakat dari bercocok tanam berume.

Sehingga ungkapan rasa syukur ini dikemas dengan bersedekah yang merupakan kearifan lokal yang patut dikembangkan.

" Karena dengan bersyukur insya allah rezeki akan semakin bertambah. Kegiatan seperti ini juga banyak dilakukan para nelayan, suku laut, bahkan pada tahun 2017 lalu di desa Sadai juga melakukan kegiatan serupa yang dinamakan Lawa Suji kegiatan prosesi larung laut untuk keselamatan bersama," ujar Justiar membuka sambutannya, Kamis (15/3/2018)

Menurut Justiar, budaya, tradisi yang menjadi kearifan lokal jika di kemas dengan baik dapat menjadi agenda wisata dan menjadi pertunjukan wisata.

Untuk itu disinilah dibutuhkan skil yang baik untuk kreatif dan inovatif mengembangkan suatu wilayah agar memiliki nilai jual melebihi kabupaten-kabupaten lainnya.

" Mari terus kembangkan potensi pertanian dan perkebunan di Kecamatan (Lepar Pongok-red). Kegiatan sedekah ume ini juga merupakan bukti keberhasilan pengembangan pertanian di Lepar Pongok sehingga adanya syukuran seperti ini," imbuhnya.(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved