Berkah Pohon Kurma Ajak Masyarakat Ikut Workshop Budidaya Kurma di Babel

Workshop tersebut akan digelar Minggu (18/3/2018) mulai 07.30 - 16.00 wib di Jalan Jembatan 12,

Berkah Pohon Kurma Ajak Masyarakat Ikut Workshop Budidaya Kurma di Babel
Ist
Budidaya kurma 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra


BANGKAPOS.COM, BANGKA -- BPK (berkah pohon kurma Babel) akan mengadakan workshop budidaya kurma bekerjasama dengan PT Raisindo Jasatama Mandiri yang akan digelar di Pesantren Daarul Mahabbah Pangkalpinang.


Workshop tersebut akan digelar Minggu (18/3/2018) mulai 07.30 - 16.00 wib di Jalan Jembatan 12, Pesantren Daarul Mahabbah, Pangkalpinang.

Workshop kurma ini diisi langsung oleh Ari Prasetya yang dikenal sebagai Jendral pejuang kurma nusantara (praktisi kurma indonesia).

Para peserta nantinya akan diberikan buku budidaya kurma, 2 polibag bibit kurma, sertifikat pejuang kurma indonesia, dan sarana latihan memanah

Niko selaku Ketua Pelaksana CSR PT RJM dalam siaran persnya Jumat (16/3/2018) mengatakan manfaat workshop budidaya kurma untuk mengetahui sejarah kurma, klimatologi kurma, belajar pembibitan dari biji yang menghasilkan 80% kurma betina dan paham praktek menanam dan perawatan pohon.

Niko menjelaskan manfaat kurma kedepan diharapkan semakin banyaknya masyarakat menanam pohon kurma, sehingga kita tidak perlu lagi import kurma memasuki bulan puasa dan menjadi tambahan nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Coba kita renungkan, Saat ini banyak pohon Jati, Pohon kelapa yang sudah besar-besar, Coba kita tanya "siapa yg tanam ?", dan "apa yg ditanam mementingkan untuk pribadinya?" seperti manfaat lainnya yang bisa merasakan manfaatnya untuk anak cucu dan generasi kita." ujar Niko dalam siaran persnya kepada bangkapos.com.

"Jadi kalau ada donatur yang mau nyumbang untuk beli bibit kurma. Maka kita Ada program 10mb ( 10bibit kurma untuk 1masjid) dan program 1 rumah 1 bibit kurma. Dan pemanfaat lahan reklamasi pasca tambang timah." tambah Niko.

Sementara itu Irfan, Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO 2018) Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, UBB mengatakan dengan adanya workshop itu sendiri menjadikan Babel ini sentra dari wirausaha yg memadai.

Dengan adanya 1 tema lagi tentang kurma Masyarakar bangka jadi memiliki peluang usaha yg bisa di kembangkan" katanya"

Adanya workshop budidaya kurma diharapkan pelaku usaha memanfaatkan untuk mengembangkan usaha lebih baik dan meningkatkan perekonomian sebagai lapangan pekerjaan di Bangka Belitung.


Dan dalam kegiatan workshop budidaya kurma ini diharapkan para donatur yang mau ikut berpartisipasi untuk pengembangan bibit kurma di bangka belitung.

Atau ada juga program 10 mb ( 10bibit kurma untuk 1masjid) dan program 1 rumah 1 bibit kurma. Dan pemanfaat lahan reklamasi pasca tambang timah.(*)

 

Penulis: Hendra
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved