Anak Buah Mengundurkan Diri, Ini Beda Gaya Anies dan Ahok Menyikapinya

Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memperlihatkan perbedaan gaya menyikapi pengunduran diri anak buah.

Anak Buah Mengundurkan Diri, Ini Beda Gaya Anies dan Ahok Menyikapinya
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat serta pasangan kandidat nomor urut 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat debat kandidat program acara Rosi dan Kandidat Pemimpin yang di selenggarakan Kompas TV Jakarta di Djakarta Theater Ballroom, Jakarta, Kamis (15/12/2016).(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) 

BANGKAPOS.COM - Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memperlihatkan perbedaan gaya menyikapi pengunduran diri anak buah.

Dua pejabat ini sama-sama sudah merasakan pengunduran diri anak buah yang merasa tak cocok dengan kepemimpinan gubernurnya. 

Ahok merasakannya ketika Rustam Effendi, Walikota Jakarta, mengundurkan diri. Sedangkan Anies merasakan saat Marina, Dirut PD Dharma Jaya mengundurkan diri.

Pengunduran diri kedua orang ini mirip-mirip. 

"Alasannya karena, saya memperhatikan dan mengikuti perkembangan terakhir-terakhir ini khususnya mulai hari Jumat lalu hingga kemarin ya. Yang intinya yang disampaikan oleh Pak Gubernur itu, bahwa pak Gub menilai kinerja saya masih kurang. Nah kalau sebagai bawahan jika dibilang oleh atasan sendiri kalau kinerjanya masih kurang, ya sudah saya pikir lebih baik saya mengundurkan diri saja. Itu lebih baik," jelas Rustam seperti diberitakan Warta Kota disini

Gubernur DKI Jakarta usai memberikan sambutan pada acara Sarasehan Nasional Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia 2018, Sabtu (10/3/2018).
Gubernur DKI Jakarta usai memberikan sambutan pada acara Sarasehan Nasional Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia 2018, Sabtu (10/3/2018). (Warta Kota/Yosia Margaretta)

Sementara Marina mengundurkan diri karena merasa Pemprov DKI era sekarang berbeda dengan di Jaman Ahok. Dia undur diri setelah keterlambatan PSO untuk pembelian daging ayam.

Tapi Anies dan Ahok memberi respon berbeda terhadap anak buahnya yang mengundurkan diri walau sama-sama mempersilahkan. 

"kalau memang pengen mundur mundur aja lah, enggak usah pakai ancam-ancaman. Mundur saja," ujar Anies di Intiland Tower, Jumat (16/3/2018).

"Tidak ada orang yang tidak bisa diganti. Tidak ada orang yang irreplaceable. Everyone is replaceable. Ok. Mundur, boleh. Enggak mundur, boleh. Silahkan. Be profesional," tutur Anies.

Sedangkan Ahok cenderung lebih santai dan lugas menanggapi pengunduran diri Rustam. 

"Ya, beliau mau mundur ya kita mau bilang apa? Kita terima kasih saja sama beliau," kata Ahok di RPTRA Mawar, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2016).

Ahok dan Megawati Soekarnoputri
Ahok dan Megawati Soekarnoputri (instagram)
Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved