Leisure Bangka Belitung

Gurihnya Kue Jongkong Ala Bangka Belitung

Putri Octasari asyik menyantap kue jongkong kesukaannya.Kegemarannya pada kue khas Bangka Belitung ini sejak ia kecil

Gurihnya Kue Jongkong Ala Bangka Belitung
Ira Kurniati
Kue Khas Bangka Belitung, Kue Jongkong 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Putri Octasari (22), asyik menyantap kue jongkong kesukaannya. Kegemarannya pada kue khas Bangka Belitung ini, sejak ia kecil dan melekat hingga sekarang.

Gadis yang akrab disapa Octa ini mengaku menyukai kue jongkong lantaran sang ibu, dulunya pernah menjual kue tradiosional itu.

Octa menjadikan kue jongkong sebagai satu diantara cemilan favoritnya yang tak lekang dimakan waktu.

Ia bahkan begitu mengenal cita rasa kue itu sejak masih di sekolah dasar dulu. Tak heran jika dalam keluarga, sang ibu dan kakak mahir membuat kue bertekstur lembut ini.

Perempuan berhijab yang baru saja menamatkan studi sarjana di Palembang awal tahun lalu, mengaku kerap merindukan cita rasa kue jongkong saat masih berada di perantauan, kala itu.

Putri Octasari, penggemar kue jongkong.
Putri Octasari, penggemar kue jongkong. (Bangka Pos / Resha Juhari)

"Dari kecil sudah suka. Soalnya dulu ibu saya sempat jualan kue jongkong juga. Saya suka bagian putih yang atasnya ini. Rada asin dan gurih." ungkap gadis kelahiran Tahun 1995, tersenyum manis.

Namun saat ini untuk menikmati santapan lezat khas Bangka Belitung, ia harus membeli di lapak jualan kue tradisional ataupun pasar. Sebab kini sang ibu tidak menjual kue itu lagi.

"Tiap libur kuliah dulu, pulang ke Bangka pasti minta dibeliin kue ini. Ditaruh di kulkas sebentar biar dingin dan makin enak dimakan." ucapnya senang.

Kue jongkong merupakan satu diantara kudapan khas Bangka Belitung yang masih diincar masyarakat hingga saat ini. Kue dengan tiga lapisan warna bertekstur lembut dan lumer ketika dimakan.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved