Inilah Jumlah DPS Resmi Hasil Pleno KPU Kabupaten Belitung

Total DPS yang ditetapkan berjumlah 119.027 dan diterima oleh Panwaslu Kabupaten Belitung, empat LO perwakilan

Inilah Jumlah DPS Resmi Hasil Pleno KPU Kabupaten Belitung
Pos Belitung/Dede Suhendar
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan beserta jajaran komisionernya menyerahkan berita acara hasil pleno DPS kepada Ketua Panwaslu Heikal Fackar, Jumat (16/3/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) melalui rapat pleno terbuka di ruang rapat kantor mereka, Jumat (16/3/2018) lalu.

Total DPS yang ditetapkan berjumlah 119.027 dan diterima oleh Panwaslu Kabupaten Belitung, empat LO perwakilan paslon, ketua PPK lima kecamatan serta OPD terkait.

Namun dalam DPS tersebut terdapat data pemilih berjumlah 8.173 orang yang dikategorikan pemilih non e-KTP dan belum dipastikan e-KTP.

"Jadi yang 8.173 ini nanti akan dilakukan sinkronisasi oleh Disdukcapil, berapa nanti perubahannya akan disampaikan kembali ke KPU," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan.

Ia menjelaskan proses sinkronisasi akan dilakukan sekitar satu bulan oleh Disdukcapil, sebelum KPU menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 13-19 April mendatang.

Hasil sinkronisasi tersebut nantinya akan kembali diumumkan KPU di kantor desa dan kelurahan serta dilakukan perbaikan di tingkat PPS.

Oleh sebab itu, Soni mengimbau kepada seluruh masyarakat agar melihat nama-nama yang tercantum dalam DPS tersebut.

"Pengumuman itu dapat dilihat di sekretariat PPS dan diumumkan di kantor desa, kelurahan maupun yang terjangkau dari masyarakat. Kami akan mengumumkannya nanti mulai tanggal 24 Maret mendatang," katanya.

Berdasarkan rincian DPS, Kecamatan Tanjungpandan tetap memiliki jumlah pemilih terbanyak total 66.380 pemilih dengan 185 TPS dari 16 desa dan kelurahan.

Lalu, posisi kedua Kecamatan Sijuk 20.991 pemilih dengan jumlah 57 TPS dari 10 desa. Sedangkan posisi ketiga Kecamatan Membalong berjumlah 16.994 pemilih dengan 57 TPS yang tersebar di 12 desa.

Posisi keempat, Kecamatan Badau berjumlah 10.273 pemilih dengan 34 TPS yang tersebar di tujuh desa.

Posisi terakhir, Kecamatan Selat Nasik dengan 4.389 pemilih dan 18 TPS yang tersebar di empat desa.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved