Video

Video : Kelenteng Fuk Tet Che Peringati Hari Ulang Tahun Dewa Bumi

Peringatan ulang tahun Kelenteng Fuk Tet Che kian meriah, Minggu (18/3/2018) dengan penampilan barongsai.

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Peringatan ulang tahun Kelenteng Fuk Tet Che kian meriah, Minggu (18/3/2018) dengan penampilan barongsai.

Kelenteng yang berlokasi di perempatan lampu merah Semabung Lama ini dipenuhi ratusan umat Tionghoa yang hendak bersembahyang.

Umat yang bersembahyang di Kelenteng Fuk Tet Che membakar garu lalu memanjatkan permohonan di hari ulang tahun Dewa Fuk Tet Chen Sen (Dewa Bumi) sebagai Dewa pelindung Kelenteng Fuk Tet Che.

Dewa Bumi dipercaya umat thionghoa sebagai penjaga bumi agar senantiasa aman sentosa.

Ketua Kelenteng Fuk Tet Che, Ating menceritakan ulang tahun Dewa Bumi selalu diperingati setiap tahun dengan hiburan barongsai dan santap makan bersama.

Terhitung ada 700 umat Tionghoa yang diundang pada acara malam ini.

Ramainya umat yang memadati lokasi ulang tahun Kelenteng Fuk Tet Che mendapat pengamanan dari kepolisian untuk mengatur lalu lintas jalan. Acara ulang tahun kelenteng ini dimulai pukul 17.00-21.00 WIB.

"Ulang tahun 2017 lalu kita sekalian peresmian kelenteng waktu baru diperbaiki usai musibah kebakaran. Tahun lalu kita peringati bulan kedua setelah Imlek, sama seperti tahun ini (2018)," ujar
Ating kepada bangkapos.com.

Peringatan ulang tahun Kelenteng Fuk Tet Che ini turut mendoakan Kota Pangkalpinang agar masyarakatnya senantiasa sejahtera dan diberi keselamatan.

"Kalau cerita dari 'orang pintar' Pangkalpinang dulu banjir besar karena kelenteng ini terbakar. Sekarang kelenteng ini sudah bagus mudah-mudahan banjir besar di Pangkalpinang seperti 2016 tidak terjadi lagi lah," tutupnya.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help