872 Santri TPA/TPQ Ikuti Munaqosah Kemenag Pangkalpinang

872 santri dari 50 TPA/TPQ se Kota Pangkalpinang mengikuti Munaqosah yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

872 Santri TPA/TPQ Ikuti Munaqosah Kemenag Pangkalpinang
Bangka Pos/Edwardi
Para santri TPA/TPQ se Kota Pangkalpinang mengikuti Munaqosah yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwaridi

BANGKAPOS.COM, BANGKA –   Sebanyak 872 santri dari 50 TPA/TPQ se Kota Pangkalpinang mengikuti Munaqosah yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Ketua Panitia Munaqosah, Eyde Tusewijaya mengatakan munaqosah merupakan titik terakhir seorang santri di TPA/TPQ untuk menentukan lulus atau tidaknya seorang santri setelah mengenyam pendidikan agama di TPA/TPQ selama beberapa tahun.

“Jika nanti setelah mengikuti munaqosah dinyatakan lulus oleh penguji, maka santri tersebut sudah bisa mendapatkan sertifikat kelulusan dan bisa melanjutkan pada jenjang pendidikan agama yang lebih tinggi,” kata Eyde, Senin (19/3/2018) di kantornya. 

Eyde menambahkan pelaksanaan munaqosah bertujuan sebagai evaluasi kurikulum pelajaran yang diprogramkan oleh Kementerian Agama dalam mendidik generasi muda yang beriman.

Para santri  TPA/TPQ se Kota Pangkalpinang mengikuti Munaqosah yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.
Para santri TPA/TPQ se Kota Pangkalpinang mengikuti Munaqosah yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang. (Bangka Pos/Edwardi)

“Sekaligus untuk melihat sejauh mana keberhasilan pencapaian kurikulum yang ada, serta ingin melihat seperti apa para santri mampu mengerjakan shalat dengan benar, membaca Al Qur’an dan menghapal surat-surat pendek sampai pada do’a sehari-hari,” jelasnya.

Menurutnya pelaksanaan kegiatan munaqosah ini juga merupakan suatu upaya dalam rangka memperoleh data tentang perkembangan, perubahan-perubahan dan kemajuan para santri dalam mengikuti proses pembelajaran guna mencapai visi lembaga TPQ dalam membentuk generasi Qur’ani, cerdas, berprestasi dan berkarakter Islami.

Semnetara Sekretaris Panitia, Palgunadi menjelaskan materi yang diujikan ada 5 yaitu: tartil qur’an, sholat, ayat pilihan, surat pendek dan do’a harian dengan tim penguji berjumlah 10 orang, terdiri dari para penyuluh dan penghulu di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang yang bertugas mempersiapkan, menguji, dan memberikan penilaian sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh panitia

“Hasil penilaian dan kategori lulus atau tidak akan diumumkan 10 hari setelah pelaksanaan munaqosah dan para santri yang dinyatakan lulus Insya Allah akan diwisudakan pada bulan April 2018 ini” ujarnya.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help