Warga Sinar Surya Optimalkan Pantai Basun

Pantai Basun Tempilang Bangka Barat masih terlihat alami, dan belum terjamah oleh tangan manusia, hanya saja akses jalan dan bekas abrasi air laut.

Warga Sinar Surya Optimalkan Pantai Basun
Istimewa
Pantai Basun Desa Sinar Surya Kecamatan Tempilang 

BANGKA POS -  Satu diantara desa di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi menarik dan hingga saat ini belum diketahui orang banyak yakni Desa Sinar Surya.

Di desa ini terdapat pantai yang masih alami, dengan hutan mangrove dan pasir putih ditambah bebatuan unik berwarna coklat kemerahan di sepanjang pantai.

Pantai ini dinamai Basun sesuai dengan tempatnya berada di Dusun Basun Desa Sinar Surya Kecamatan Tempilang yang dikenal oleh masyarakat setempat.

Kades Sinar Surya, Johansyah menerangkan, Pantai Basun merupakan aset desa yang hingga kini belum dikelola sedikitpun.

Semuanya masih terlihat alami, dan belum terjamah oleh tangan manusia, hanya saja akses jalan dan bekas abrasi air laut.

“Uniknya lagi di Pantai Basun ini terdapat gua dan sumber air tawar di batu dan itu
merupakan aset kami kedepannya, sebagai pengembangan tempat wisata dan pembangunan desa,” tutur Johansyah.

Pantai Basun Desa Sinar Surya Kecamatan Tempilang
Pantai Basun Desa Sinar Surya Kecamatan Tempilang (Istimewa)

Johansyah melanjutkan, selain pantai desanya juga memiliki kolong bekas galian timah. Saat ini sumber airnya dimanfaatkan warga setempat untuk mandi, mencuci dan keperluan rumah tangga lainnya.

“Ada penelitian dulunya menyebutkan sumber air kolong tersebut cukup baik, aman untuk dikonsumsi, dan ini merupakan aset yang akan dikembangkan desa,” paparnya.

Selain itu desa ini juga memiliki berbagai usaha yang sedang dirintis olah ibu-ibu PKK. Seperti pembuatan telur asin dengan berbagai rasa, bumbu, minuman alami berbahan dasar jahe merah, kue jajanan pasar dan lain sebagainya.

Bahkan Di Dusun Sungai Dua memiliki kerajinan yang sudah dikenal masyarakat setempat, yaitu pembuatan piring hingga mangkok dari lidi.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help