Kepatuhan Masyarakat Babel Bayar Pajak Diakui Cukup Tinggi, Sekitar 80 Persen Lebih

Namun ini baru kepatuhan normal penyampaian SPT tetapi pihaknya perlu mengali lebih dalam lagi mengenai kepatuhan meterialnya pembayaran

Kepatuhan Masyarakat Babel Bayar Pajak Diakui Cukup Tinggi,  Sekitar 80 Persen Lebih
Bangkapos/Nurhayati
Plt Bupati Bangka Rustamsyah bersama Ketua DPRD Bangka Parulian dan kalangan Forkominda Bangka saat melaporkan SPT mereka melalui online, pada pekan panutan pajak, Selasa (20/3/2018) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangka Dwi Haryadi mengatakan pekan panutan pajak ini digelar agar Bupati Bangka bersama jajaran Forkominda dan juga Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bangka menyampaikan SPT orang pribadi agar menjadi contoh masyarakat.

Menurutnya batas akhir penyampaian SPT orang pribadi sampai tanggal 31 Maret 2018 dimana masih tinggal satu minggu lebih lagi.

Diakui Dwi untuk kesadaran masyarakat di Bangka Belitung secara kepatuhan membayar pajak berdasarkan tahun lalu cukup tinggi hingga 80 persen lebih dari wajib SPT.

Namun ini baru kepatuhan normal penyampaian SPT tetapi pihaknya perlu mengali lebih dalam lagi mengenai kepatuhan meterialnya pembayaran pajak, ketepatan perhitungan dan lainnya.

"SPT disampaikan dengan benar, jumlahnya perhitungannya benar, sumber yang dimasukan di situ nah ini yang nanti masih menjadi tantangan buat kita tetapi secara umum penyampaian kepatuhan SPT cukup bagus," jelas Dwi kepada bangkapos.com, Selasa (20/3/2018) di Kantor Bupati Bangka.

Untuk target penyampaian SPT hingga saat ini masih proses sekitar 10.000 wajib pajak yang sudah menyampaikan SPT-nya, sedangkan tahun 2017 lalu mencapai 30.000 wajib pajak.

Namun masyarakat bisa menyampaikan SPT melalui aplikasi e-filling DJP online dengan mengklik www.spt.co.id, www.pajakku.com, www.e-form-bri.co.id, dan www.online-pajak.com.

"Kami optimis bisa tercapai kepatuhan penyampaian SPT," kata Dwi.

Menurutnya, pekan panutan pajak ini merupakan kerjasama semua pihak dari Pemkab Bangka yang mengimbau para pegawai dan masyarakat termasuk juga kerja dari pegawai pajak yang melakukan sosialisasi kepada para wajib pajak.

"Sekarang kita sedang dia mendatangi wajib pajak khususnya yang memiliki banyak pegawai untuk mensosialisasikan terkait dengan pengisian SPT. Sekarang pengisian SPT gampang bisa lewat handphone, melalui telepon di mana pun, kapan pun bisa dilakukan," kata Dwi.

Diakuinya kepatuhan para pengusaha di Bangka Belitung juga untuk membayar pajak penghasilan pegawainya cukup bagus.

Hingga akhir Desember ini pihaknya terus mengingatkan karena kalangan pengusaha ini jumlahnya relatif lebih kecil dibandingkan para pegawai di lingkungan pemerintahan.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved