163 Narapidana Akan 'Nyoblos' Di Lapas Bukit Semut

Pemilih di dalam lapas dihitung dari jumlah narapidana yang dinyatakan bebas sebelum tanggal 27 Juni nanti, sebab mereka yang bebas

163 Narapidana Akan 'Nyoblos' Di Lapas Bukit Semut
Bangkapos/Nurhayati
Para Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangka yang akan bertarung di Pilkada Bangka 2018. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Berdasarkan data yang dihimpun Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, tercatat data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bangka 2018 di Lembaga Pemasyarakatan Bukit Semut sebanyak 163 orang narapidana.

Narapidana yang terdata mengikuti pilkada Kabupaten Bangka Tahun 2018 tersebut terdiri dari 156 laki-laki dan tujuh perempuan.

Untuk itu pihak KPU Kabupaten berkoordinasi dengan pihak Lapas Bukit Semut dalam pengelolaan data narapidana yang akan memberikan hak suaranya pada Pilkada Kabupaten Bangka yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni mendatang.

"Dalam hal ini kami terus berkoordinasi dengan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Bukit Semut terkait data pemilih. Untuk saat ini di LP Bukit Semut ada 163 orang," jelas Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, M Hasan kepada bangkapos.com, Rabu (21/3/2018) di KPU Kabupaten Bangka.

Menurutnya, jumlah pemilih di Lapas Bukit Semut bisa berkurang atau bertambah, mengingat ada narapidana yang bebas dan masuknya tahanan yang baru.

Oleh karena itu KPU akan menghitung total jumlah dikurangi dengan narapidana yang bebas, sehingga lebih terperinci data narapidana yang masih menjalani hukuman.

"Pemilih di dalam lapas dihitung dari jumlah narapidana yang dinyatakan bebas sebelum tanggal 27 Juni nanti, sebab mereka yang bebas dapat menyampaikan hak pilihnya di daerah masing-masing," kata Hasan.

Terkait dengan narapidana yang mendapat remisi atau tidak saat Idul Fitri, tetap menjadi hitungan dan hal itu sudah dikoordinasikan dengan pihak lapas.

Ditambahkan Ketua KPU Kabupaten Bangka Zulkarnain, untuk pelaksanaan pemilihan di Lapas Bukit Semut ini ada TPS khusus. "Setiap pemilu di lapas ada TPS dengan jumlah petugas sebanyak tujuh orang ditambah linmas dua orang," jelas Zulkarnain.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved