KPK Libatkan Zumi Zola di Acara Pencegahan Korupsi, ICW Bilang Memalukan

ICW mengkritik KPK yang melibatkan Gubernur Jambi, Zumi Zola, dalam kegiatan pencegahan korupsi di Provinsi Jambi.

KPK Libatkan Zumi Zola di Acara Pencegahan Korupsi, ICW Bilang Memalukan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur Jambi Zumi Zola meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (15/2/2018). Zumi Zola diperiksa selama 7 jam sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanjan Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi 2018. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melibatkan Gubernur Jambi, Zumi Zola, dalam kegiatan pencegahan yang dilakukan di Provinsi Jambi.

Mengingat, saat ini Zumi telah berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi.

"Hal yang paling memalukan dan sangat ironis adalah kegiatan KPK ini dibuka dan dihadiri oleh Zumi Zola, Gubernur Jambi yang berstatus sebagai tersangka," ujar peneliti ICW Adnan Topan Husodo dalam siaran persnya, Selasa (20/3/2018).

Baca: Pilot Pesawat Tempur Sukhoi Tewas saat Pesawat Latih yang Diterbangkannya Jatuh di Cilacap

Menurut Adnan, kegiatan ini akan merusak citra KPK di mata publik karwna dapat dianggap telah berkolaborasi dengan tersangka korupsi.

"Sangatlah tidak mungkin tersangka atau pelaku korupsi akan sungguh-sungguh membantu KPK ataupun berperang melawan korupsi," tegas Adnan.

ICW meminta KPK menghentikan kegiatan yang dilaksanakan di Jambi tersebut.

Menurut Adnan, KPK sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap pegawai atau pejabat KPK yang menjadi penanggung jawab kegiatan tersebut atas dugaan melanggar undang-undang dan peraturan kode etik.

"Dalam Pasal 37 UU KPK, pada intinya menyebut bahwa pegawai yang bertugas pada KPK dilarang mengadakan hubungan langsung atau tidak langsung dengan tersangka atau pihak lain yang ada hubungan dengan perkara tindak pidana korupsi yang ditangani KPK," jelas Adnan.

Baca: Bulan Karunia Rudianti Gadis Tak Miliki Kaki yang Minta Kursi Roda pada Jokowi Ternyata Juara Kelas

Seperti diketahui, KPK bersama Pemprov Jambi pada 19 Maret 2018 memulai kegiatan Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Jambi. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga 23 Maret 2018. (Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "ICW: Memalukan, KPK Libatkan Zumi Zola di Acara Pencegahan Korupsi"

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help