Musim Hujan, Harga Cabai dan Bawang di Bangka Melonjak

Naik turun lah harganya, pedagang juga takut tidak habis apalagi stok banyak. Jadi terkadang turun begitu juga sebaliknya. Jadi tetap

Musim Hujan,  Harga Cabai dan Bawang di Bangka Melonjak
Bangkapos/Nurhayati
Thony Marza 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Berdasarkan data hasil survei Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka harga bumbu masakan khususnya cabai dan bawang di pasar saat ini merangkak naik.

Kenaikan harga dua komoditi rumah tangga ini terjadi naik sejak awal Maret 2018 lalu.

Untuk saat ini menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Thony Marza harga cabai khususnya cabai kecil biasanya Rp 70.000 mengalami kenaikan menjadi Rp 80.000 perkilogram, sedangkan cabai keriting besar biasanya Rp 46.000 naik Rp 52.000 perkilo.

Sementara untuk harga bawang merah yang biasanya Rp 26.000 naik menjadi Rp 28.000 perkilo.

"Naik turun lah harganya, pedagang juga takut tidak habis apalagi stok banyak. Jadi terkadang turun begitu juga sebaliknya. Jadi tetap sistem dan hitung-hitungan ekonomi," kata Thony Marza kepada bangkapos.com, Rabu (21/3/2018).

Ia memperkirakan kenaikan harga cabai dan bawang disebabkan kondisi cuaca di beberapa daerah yang hujan, sehingga banyak tanaman yang busuk sehingga petani gagal panen.

Kenaikan harga cabai dan bawang tersebut diperkirakan hingga kondisi cuaca tidak musim hujan lagi.

Sedangkan untuk pasokan cabai dan bawang dari petani yang ada saat ini hanya berasal dari Babel saja, sehingga pasokan di pedagang sedikit sebab pasokan dari luar Babel sangat kurang.

"Biasanya banyak pasokan dari luar Babel, tapi sekarang walaupun ada cuma sedikit," ungkap Thony.

Diakui pedagang di Pasar Higienis saat ini harga cabai khususnya cabai kecil mengalami kenaikan. Bahkan untuk cabai rawit asal Bangka bisa mencapai Rp 100.000 perkilogram.

"Untuk cabai kecil sekarang lah mahal. Kami ngambil dari pedagang besar juga sudah mahal," kata seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Higienis.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved