Pemprov Babel Berupaya Pertahankan Indeks Demokrasi Seperti Tahun 2016

Tahun 2016 lalu, Babel memperoleh peringkat kedua secara nasional dengan perolehan IDI terbaik

Pemprov Babel Berupaya Pertahankan Indeks Demokrasi Seperti Tahun 2016
Bangka Pos/Krisyanidayati
Rapat penguatan IDI, di Bangka City Hotel, Rabu (21/3/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berupaya mempertahankan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di provinsi Babel, agar hasil indeks tahun 2017 bisa bertahan di angka 83 seperti tahun 2016 silam.

Tahun 2016 lalu, Babel memperoleh peringkat kedua secara nasional dengan perolehan IDI terbaik.

Untuk mempertahankan ini, Pemprov Babel menggelar penguatan IDI, yang diharapkan bisa menyamakan presepsi dan menemukan gagasan baru untuk meningkatkan sikap demokratis masyarakat.

Kasubdit fasilitasi lembaga pemerintahan dan perwakilan dirjen politik dan pemerintahan umum, Kemendagri Dedi Taryadi mengatakan IDI merupakan alat untuk mengukur perilaku kehidupan demokrasi masyarakat.

"IDI ini tidak bisa direkayasa dan BPS sebagai pengolah bekerja secara profesional. Tahun 2016 Babel terbaik nomor 2 IDI, pertama itu Jogya," katanya usai rapat penguatan IDI, di Bangka City Hotel, Rabu (21/3/2018).

Ia mengatakan semakin tinggi IDI yang diraih maka menunjukkan semakin baiknya, sikap tinggi sikap demokratis dan pemahaman masyarakat tentang demokrasi.

Untuk mengukur IDI yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik memiliki tiga aspke, 11 variabel, dan 28 indikator.

"Semakin tinggi angka tingginya berbanding lurus dengan tingkat pemahaman demokrasi masyarakat. Tapi IDI ini hal yang dinamis, kekesalan masyarakat tidak serta merta dalam bentuk emosi saja, tetapi juga ditempatkan pada koridor hukum yang berlaku," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved