Bukit Terak Optimalkan Kekayaan Laut

Desa Bukit Terak Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat boleh berbangga karena wilayahnya dianugerahi berbagai hasil laut yang melimpah.

Bukit Terak Optimalkan Kekayaan Laut
Istimewa
Serah terima gedung Taman Alquran Desa Bukit Terak Kecamatan Simpangteritip, Bangka Barat. 

SIMPANGTERITIP, BANGKA POS - Desa Bukit Terak Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat boleh berbangga karena wilayahnya dianugerahi berbagai hasil laut yang melimpah.

Mulai dari kerang, ikan, cumi, udang hingga kepiting hasilnya melimpah bila musimnya telah tiba. Masyarakat pun sebagian bergantung dari hasil ini.

Kades Bukit Terak, Kamisun M Yamin menerangkan pihaknya kini mengoptimalkan penghasilan dari kerang. Bahkan, mereka juga bekerjasama dengan penduduk desa di wilayahnya untuk membudidayakan kerang ini.

"Kerang tumbuh secara alami, sekarang warga mulai memanfaatkan lahan dengan membudidayakannya. Hasilnya cukup baik, satu ton bibit bisa menghasilkan kurang lebih tiga ton," sebut Kamisun.

Bapak dua anak ini melanjutkan, tidak hanya itu saja, pihaknya kini membuat bagan untuk memancing. Jadi pada bulan tertentu saat hasil ikan melimpah masyarakat bisa memancing.

Kegiatan munaqosah di Desa Bukit Terak
Kegiatan munaqosah di Desa Bukit Terak (Istimewa)

Pengelolaannya saat ini dilakukan oleh BUMDes. Begitu juga dengan pengembangan yang dilakukan seperti saat ini yaitu berkebun nanas.

"Lahan kami ini berpasir, jadi kami menyesuaikan apa yang cocok ditanam. Dipilihlah nanas. Saat ini kami mulai mengembangkan dan hasilnya cukup memuaskan," terangnya.

Desa ini juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah dengan wilayah di Bangka Barat lainnya, yaitu pantai dan hutan mangrove.

Saat ini pengelolaannya masih dilakukan secara alami dengan memanfaatkan warga setempat. Namun di beberapa lokasi sudah dibangun gazebo dan perlengkapan lainnya.

"Tinggal masalah perizinannya dan itu akan dikoordinasikan dengan dinas terkait," ujarnya .
Desa ini juga sudah bebas dari buang air sembarangan. Pembangunan pun sudah merata seperti jalan wisata, posyandu, siring jalan hingga wc.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved