Kenali Jenis Penuaan Kulit Dan Strategi Pencegahannya

Seiring bertambahnya usia perempuan pasti akan mengalami penuaan kulit. Namun penuaan kulit juga dapat terjadi pada usia muda. Hal ini dituturkan

Kenali Jenis Penuaan Kulit Dan Strategi Pencegahannya
bangka pos/ira kurniati
Dokter spesialis kulit dan kelamin, Vania vashti lasrindy, Sp. KK 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Seiring bertambahnya usia perempuan pasti akan mengalami penuaan kulit. Namun penuaan kulit juga dapat terjadi pada usia muda. Hal ini dituturkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, Vania vashti lasrindy, Sp.KK.

"Semakin bertambahnya usia perempuan makan semakin berkurang hormon esterogen yang akhirnya menyebabkan penuaan kulit." jelas Vania, Kamis (23/3/2018).

Penuaan kulit bisa disebabkan karena faktor intrinsik atau dari dalam tubuh sesuai waktunya. Proses penuaan ini bersifat tua sesuai umurnya. Hal ini terjadi karena adanya pemendekan tolemar dan stres oksidatif. Ditandai dengan kerut halus pada wajah maupun kulit yang kendur.

Selain itu ada pula faktor ekstrinsik atau pengaruh dari luar. Dapat terjadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu sering terkena kulit. Polusi maupun asap rokok, sehingga menyebabkan pigmentasi kulit tidak merata. Kulit pun akan menjadi kendur, kering dan kusam.

Lebih lanjut vania menjelaskan, Normalnya pada rentang usia 20 hingga 30 tahun belum terlihatnya tanda keriput. Usia 30 hingga 40 tahun keriput saat otot bergerak. Pada usia 50 tahun keatas keriput saat otot istirahat dan 60 tahun keatas akan mengalami keriput pada faktor intrinsik.

Strategi Pencegahan Penuaan Kulit

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Vania vashti lasrindy, Sp. KK mengatakan penuaan kulit memang tidak bisa dicegah, namun dapat diperlambat. Sebab perawatan kulit sebaiknya dilakukan sejak dini.

Mencegah penuaan kulit diantaranya dengan tidak merokok atau menghindari asap rokok. Kemudian hindari polusi dan gunakan tabir surya 30 menit sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan dan diulangi setiap empat jam sekali. Stres juga berpengaruh dalam proses penuaan kulit. Sebab pengaruh radikal ketubuh dapat membuat kerutan pada wajah.

Berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh juga perlu dilakukan agar sel-sel ditubuh berjalan dengan baik. Konsumsi makanan yang sehat dan tepat sebagai pencegahan dari dalam.

Lebih lanjut, fokus pada diri sendiri untuk melakukan perawatan kulit dan sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian konsultasikan kedokter atau ahli yang tepat jika ingin menggunakan skin care.

"Kulit cantik dan bagus itu bikin kita bahagia. Merawat kulit iu karena untuk diri sendiri. Semua perempuan berhak untuk mendapatkan kulit dengan baik." tukasnya.

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help