Libatkan Partisipatif Masyarakat, Panwaslu Bangka Lauching Kampoeng Awas Pemilu

Peran masyarakat ikut mengawasi proses pilkada dan kegiatan di Kampoeng Awas Pemilu itu untuk lauchingnya ada di Desa Labu Kecamatan Puding

Libatkan Partisipatif Masyarakat, Panwaslu Bangka Lauching Kampoeng Awas Pemilu
Bangkapos/Nurhayati
Corri Ihsan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Panwaslu Kabupaten Bangka akan melauching Kampoeng Awas Pemilu, Sabtu (24/3/2018) di Lapangan Bola Desa Labu Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka.

Kampoeng Awas Pemilu ini berangkat dari ide yang dilontarkan panwascam yang disambut baik oleh Panwaslu Kabupaten Bangka.

Kegiatan Kampoeng Awas Pemilu tersebut menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan adalah bentuk partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kabupaten Bangka Tahun 2018.

"Peran masyarakat ikut mengawasi proses pilkada dan kegiatan di Kampoeng Awas Pemilu itu untuk lauchingnya ada di Desa Labu Kecamatan Puding Besar. Rencananya itu dihadiri Komisioner Bawaslu RI Afifuddin yang langsung melanching itu. Setelah ini ada kelanjutannya akan berlanjut di semua kecamatan di Kabupaten Bangka," jelas Corri saat mengelar konfrensi pers, Jumat (23/3/3018) di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bangka.

Langkah ini dilakukan Panwaslu Kabupaten Bangka untuk meningkatkan peran serta masyarakat. Hal ini sejalan dengan program Bawaslu RI pengawasan partisipatif yang diterjemahkan lewat kegiatan inovatif oleh Panwaslu Kabupaten Bangka bersama Panwascam Puding Besar.

"Yang melatar belakangi ini lewat inisiatif dari awal kita menerjemahkan program Bawaslu RI pengawasan partisipatif dan ada keinginan kami meminimalisir pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di pilkada. Ini bentuk kegiatan inovatif yang coba kita lakukan," ungkap Corri.

Dia mengatakan, lauching Kampoeng Awas Pemilu ini dipilih di Desa Labu Kecamatan Puding Besar karena tingkat partisipasi masyarakat dalam proses di pemilu lumayan tinggi.

Untuk itu pihaknya mencoba mengimbangi tingkat partisipasi masyarakat dan minim pelanggaran dalam pemilu di Kecamatan Puding Besar dengan melauching program Kampoeng Awas Pemilu.

Untuk anggaran pelaksanaan launching Kampoeng Awas Pemilu tersebut berasal dari dana yang dimiliki Panwaslu Kabupaten Bangka untuk pilkada.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved