Dana Desa Telat Cair di Belitung Ini kendala dan Solusi yang Ditawarkan

Dana desa di Kabupaten Belitung akan didorong untuk segera dicairkan pada pekan-pekan ini.

Dana Desa Telat Cair di Belitung Ini kendala dan Solusi yang Ditawarkan
Dok/bapos
Pejabat Sementara Bupati Belitung, Sahirman Jumli 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG- Sekretaris Daerah (Sekda) Belitung Karyadi Sahminan membenarkan telah menggelar rapat bersama pihak-pihak terkait guna menindaklanjuti telatnya pencairan dana desa tahap satu di Kabupaten Belitung‎.

‎Dia mengatakan, kesimpulan rapat tersebut adalah dana desa di Kabupaten Belitung akan didorong untuk segera dicairkan pada pekan-pekan ini.

"Dana desa kami‎ usahakan, Insha Allah, dalam minggu-minggu ini kelar,"kata Karyadi kepada Pos Belitung, Senin (26/3/2018).

Dia mengatakan, sebelumnya memang pencairan dana desa sedang berada di tahap verifikasi dan evaluasi rancangan APBDes di tingkat kecamatan. Proses ini dinyatakan telah selesai dan sudah dikembalikan lagi kepada desa untuk ditindaklanjuti.

"Disampaikan kembali kepada desa untuk diperbaiki sesuai evaluasi kecamatan, disesuaikan dengan ‎ketentuan yang ada. Desa diminta segera menyampaikan kembali tindaklanjut evaluasi. Kami upayakan dalam minggu-minggu ini tuntas. Kami akan monitor pelaksanannya," kata Karyadi.

Rapat yang digelar tersebut berlangsung setidaknya pada Sabtu dan Minggu. Tujuannya memastikan desa melihat kembali hasil evaluasi kecamatan.

"Beberapa desa memang telah dikeluarkan hasil evaluasinya oleh kecamatan, nah tinggal perbaikan hasil evaluasi kecamatan ini oleh desa..," ujar Karyadi.

Sebelumnya diberitakan, hingga mendekati April 2018 ini,‎ ‎baru dua dari 42 desa di Kabupaten Belitung yang telah melakukan pencairan dana desa. Padahal, desa dikejar untuk meningkatkan serapan dana desa.

Sesuai marwahnya dari pusat, dana desa juga diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di desa. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Belitung Jayusman mengatakan, kedua desa tersebut adalah Desa Air Batu Buding dan Desa Sungai Samak.‎

Halaman
123
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved