PHBS Antarkan Buyan Kelumbi Juara Nasional

Berkat kegigihan peme­rintah dan masyarakatnya, Desa Buyan Kelumbi meraih juara 3 lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Nasional Tahun 2016.

PHBS Antarkan Buyan Kelumbi Juara Nasional
Istimewa
Desa Buyan Kelumbi ditetapkan sebagai Desa Mandiri 

BANGKA POS - Siapa yang tidak kenal deng­an Desa Buyan Kelumbi. Desa ini merupakan satu diantara desa terluas wilayah­nya di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat.

Tidak hanya luas wilayah, prestasi yang diraih Desa Buyan Kelumbi juga membuat kagum.

Berkat kegigihan peme­rintah dan masyarakatnya, Desa Buyan Kelumbi berhasil meraih juara tiga pada kegi­atan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Nasional Tahun 2016 lalu.

Bukan tanpa sebab dan kerja keras desa ini meraih prestasi yang membanggakan, menurut Kades Buyan Kelumbi Erlan, semuanya melewati proses yang panjang.

“Desa kami 100 persen bebas buang air sembarangan, warga diajak bekerjasama mencintai dan membersihkan lingkungannya. Sebetulnya banyak lagi komponennya namun secara umum itulah,” terang Erlan.

Tidak hanya prestasi yang diraih desanya, di tingkat kecamatan maupun kabupaten juga pernah dicapai Desa Buyan Kelumbi.

Buyan Kelumbi juga menjadi salah satu rujukan dalam kegiatan PKK di kecamatan. Begitu juga dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

“Alhamdulillah desa kami juga telah menjadi desa mandiri,” ucapnya.

Erlan melanjutkan, mayo­ritas masyarakat di desa ini bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun seperti karet, sawit dan lada. Sekitar 200 cetak sawah telah digarap masyarakat.

Desa ini juga memiliki aset perkebunan, yaitu sawit dan karet. Saat ini hasilnya masih terus dinikmati, begitu juga dengan usaha kecil meneng­ah masyarakat.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved