Video

Satpol PP Sidak Ikan Kaleng Mengandung Cacing

Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, mengelar sidak di sejumlah toko yang ada di Pasar Kite Sungailiat dan dua toko swalayan yakni Crisco dan Megamart

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Tim Satpol PP Kabupaten Bangka mengelar inspeksi dadakan (sidak) di sejumlah toko yang ada di Pasar Kite Sungailiat dan dua toko swalayan yakni Crisco dan Megamart, Senin (26/3/2018).

Sidak tersebut dilakukan satpol pp terkait dengan maraknya ikan kaleng yang mengandung cacing berdasarkan hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang baru-baru ini yang terjadi di Pekanbaru Provinsi Riau.

Satpol PP melakukan sidak produk ikan kaleng merek Farmer Jack, Hoki dan IO yang berasal dari Cina dan Singapura yang terindikasi mengandung cacing Anisakis sp apakah dijual di pasar yang ada di Sungailiat.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka M Dalyan Amrie melalui Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman yang turun langsung melakukan sidak mengaku tidak ditemukan merek-merek ikan kaleng yang diduga mengandung cacing tersebut.

"Hari ini kita melakukan pemeriksaan banyak berita yang beredar ada ikan kaleng yang mengandung cacing pita, ada beberapa merek. Jadi hari ini di Pasar Sungailiat dan sekitarnya kita lakukan pengecekan. Ada sekitar dua swalayan dan lima toko. Untuk sementara hari ini belum kita temukan produk yang dimaksud tersebut," ungkap Suherman kepada bangkapos.com.

Ia mengimbau masyarakat agar berhati-hati membeli produk ikan kaleng yang berasal impor dari luar negeri. Menurutnya untuk produk ikan kaleng produksi dalam negeri harus ada label BPOM.

Sedangkan mengenai surat edaran penarikan ikan kaleng yang terkontaminasi cacing jika ditemukan, dari instansi terkait. Dalam hal ini pihaknya hanya mengawasi saja jika ada temuan-temuan, maka akan dilaporkan kepada dinas terkait.

Penulis: nurhayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved