Nyalon DPD RI, Syarat Ini yang Harus Dipenuhi

KPU Propinsi Bangka Belitung akan mulai membuka pendaftaran pencalonan anggota dewan perwakilan rakyat (DPD) untuk pemilihan

Nyalon DPD RI, Syarat Ini yang Harus Dipenuhi
Kompas.com
DPD RI 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- KPU Propinsi Bangka Belitung akan mulai membuka pendaftaran pencalonan anggota dewan perwakilan rakyat (DPD) untuk pemilihan umum 2019 mendatang.

Perwakilan masyarakat yang hendak mendaftar harus memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan.

Komisioner KPU Propinsi Babel, Guide Chardi kepada bangkapos.com menjelaskan penyerahan berkas persyaratan pencalonan anggota DPD RI akan dibuka mulai 22 April sampai 26 April 2018.

“Bagi yang ingin mendaftar silakan melengkapi berkasnya dan menyerahkannya ke sekretariat KPU Propinsi Babel. Batas akhir penyerahan berkasnya 26 April 2018,” kata Guide, Rabu (28/3/2018).

Untuk syarat dukungan lanjut Guide, calon harus mengumpulkan dukungan sebanyak 1000 dukungan pemilih yang tersebar minimal di 4 Kabupaten/Kota di Propinsi Bangka Belitung.

Persyaratan dukungan juga kata Guide harus dibuktikan dengan tanda tangan atau cap jempol tangan. Kemudian dilengkapi juga dengan fotocopy e-KTP atau surat keterangan dari Dukcapil.

“Setiap pendukung hanya boleh memberikan dukungannya untuk satu orang calon DPD. Kalau kita ketahui ada dukungan ganda maka akan dinyatakan batal,” kata Guide.

Untuk lebih jelasnya informasi terkait pencalonan anggota DPD RI ini, Guide menyarankan agar masyarakat atau calon mendatangi kantor sekretariat KPU Babel.

Penulis: Hendra
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help