Rahasia Resep Kue Bulan Kou Penganan Tradisional Masih Tersimpan Rapat

Kue bulan merupakan kue tradisional Tiongkok yang disajikan tiap festival pertengahan musim gugur atau mid autumn festival.

Rahasia Resep Kue Bulan Kou Penganan Tradisional Masih Tersimpan Rapat
Istimewa
Kue bulan jenis kou yang diproduksi Nam Hoi milik Erwin Cukro bertuliskan aksara cina yakni fu dan shu yang berarti hoki dan panjang umur 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Kue bulan merupakan kue tradisional Tiongkok yang disajikan tiap festival pertengahan musim gugur atau mid autumn festival.

Di Belitung, tak banyak lagi tempat yang memproduksi kue tersebut.

Satu diantara tempat yang membuatnya yakni usaha Nam Hoi milik Erwan Cukro (32) yang berlokasi di Desa Air Merbau, Tanjungpandan.

Produksi kue bulan pun hanya dilakukan menjelang festival tersebut yakni sekitar bulan September.

Erwan mengatakan ia membuat kue bulan jenis kou. Disampaikannya memang ada dua jenis kue bulan yakni pia dan kou.

Pembuatan penganan tradisional tiongkok Nam Hoi di Desa Air Merbau, Tanjungpandan pada Sabtu (31/3/2018).
Pembuatan penganan tradisional tiongkok Nam Hoi di Desa Air Merbau, Tanjungpandan pada Sabtu (31/3/2018). (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Kue bulan jenis pia memang lebih populer terbuat dari tepung terigu berisikan pasta kacang hijau dilengkapi kuning telur bebek di dalamnya.

Sedangkan di tempatnya Erwin memproduksi kue bulan jenis kou yang terbuat dari tepung ketan sehingga bertekstur agak kenyal ketika digigit.

"Prototype resepnya (kue bulan kou) tersimpan rapat, berbeda dengan resep kue pia banyak yang tau," jelasnya pada posbelitung.co, Sabtu (31/3/2018).

Ia menambahkan resep kue kou memang lebih rahasia. Bahkan di Indonesia tidak sampai 50 keluarga yang mengetahui resep tersebut.

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved