Kemenag Babar Diminta Kumpulkan 52 Jemaah Abu Tour yang Gagal Berangkat

Kanwil Kemenag Babel, sudah menugaskan Kemenag Bangka Barat untuk segera menyelesaikan gagal

Kemenag Babar Diminta Kumpulkan 52 Jemaah Abu Tour yang Gagal Berangkat
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Kasi Pembinaan Haji dan Umrah kanwil Kementrian Agama Bangka belitung, Ridwan Yuniarto 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menginstruksikan Kemenag Bangka Barat untuk mengumpulkan 52 calon jemaah Abu Tour.

Hal ini menyusul dibekukannya izin Abu Tour oleh Kementerian Agama. 

"Kanwil Kemenag Babel, sudah menugaskan Kemenag Bangka Barat untuk segera menyelesaikan gagal berangkatnya jemaah Abu Tour 52 jemaah melalui beberapa tahapan," kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel, Ridwan Yuniarto akhir pekan lalu. 

Beberapa tahapan yang akan dilakukan ialah memanggil para calon jemaah, untuk dimintai keterangan sekaligus ditanyakan kesepakatan bersama untuk penyelesaian persoalan ini. 

"Apakah mereka akan melakukan tuntutan atau mereka akan meminta pemberangkatan dengan menggunakan travel lain yang masih punya izin, dengan dicabutnya izin Abu Tour kan tidak bisa lagi memberangkatkan para jemaah," jelasnya. 

Tahapan, lainnya ialah memanggil pihak Abu Tour di Bangka Barat, untuk dimintai kesiapan dan kesanggupan untuk pertanggungjawaban atas jemaah yang gagal berangkat. 

Kemenag Bangka Barat juga diminta untuk memediasi dan memfasilitasi pertemuan dua pihak. 

"Mereka dipertemukan, dicari jalan keluar bersama. Kami berharapnya yang terpenting jemaah bisa berangkat apapun yang akan menjadi tanggungjawab pihak agen, itu adalah konsekuensi dia yang sudah memungut uang jemaah, karena jemaah sudah melakukan pembayaran dan dirugikan," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help