Kerja di Bursa Efek Indonesia Elita Merasa Tertantang

Enam tahun bergelut di dunia perbankan dan terbiasa dalam instrumen pasar uang, kini Elita Rafini mengaku lebih dinamis dan tertantang

Kerja di Bursa Efek Indonesia Elita Merasa Tertantang
istimewa
Elita Merasa Tertantang Sebagai Penasihat Keuangan BEI Babel 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Enam tahun bergelut di dunia perbankan dan terbiasa dalam instrumen pasar uang, kini Elita Rafini mengaku lebih dinamis dan tertantang saat memulai karir baru sebagai penasihat keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Babel.

Di Bursa Efek Indonesia, ia dituntut selalu melakukan pembaruan infomasi terkait pasar modal, seperti perihal capital market dan memahami peran bursa di pasar modal.

"Meskipun bekerja di BEI belum genap satu tahun tapi saya merasa bahwa passion ada di sana. Terutama setiap hari selalu ada tantangan-tantangan baru di pasar modal, seperti selalu melakukan pembaruan informasi tentang perusahaan dari berbagai sektor yang terlisting di bursa," kata Elita, Kamis (29/3/2018).

Pekerjaannya sebagai penasihat keuangan BEI juga menuntunnya bertemu investor atau calon investor dari berbagai kalangan dan latar belakang, seperti pegawai, wiraswastawan, pengusaha, bahkan ibu rumah tangga.

Terkadang, diantara mereka banyak yang belum pernah menyentuh pasar modal dan tidak mengerti instrumennya, seperti saham, reksadana, obligasi, perusahaan go public, dan lain sebagainya.

"Calon investor yang belum mengerti mekanisme jual beli saham dan produk lainnya menjadi tantangan sendiri bagi saya. Sehingga, saya harus memberikan edukasi secara bertahap karena banyak istilah di pasar modal harus dijelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana," katanya.

Sebagai regulator di pasar modal dan tempat bertemunya pemilik perusahaan serta calon investor, BEI selalu memberikan pembinaan.

BEI juga tidak melepas investor sepenuhnya, terutama informasi capital market, laporan keuangan perusahaan, dan lain sebagainya.

Elita selalu mengupayakan informasi perihal likuiditas instrumen dan mengawasi praktik kolusi dan pertumbuhan harga tidak wajar.

Halaman
12
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved