Miris Ratusan Anak Putus Sekolah di Kabupaten Beltim

Bisa dibilang cukup memprihatinkan kondisi sejumlah anak di Belitung Timur (Beltim), Minggu (1/4/2018).

Miris Ratusan Anak Putus Sekolah di Kabupaten Beltim
Bangka Pos / Disa Aryadi
Kadin Pendidikan Belitung Timur, Kesumajaya. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR - Bisa dibilang cukup memprihatinkan kondisi sejumlah anak di Belitung Timur (Beltim), Minggu (1/4/2018). Ada ratusan anak yang kategori usia pelajar, namun tidak menempuh pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Kesumajaya mengatakan, sejauh ini mereka telah melakukan pendataan terhadap anak putus sekolah, yang berusia sekolah atau dibawah umur 18 tahun.

Ada 470 orang sementara ini secara keseluruhan yang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan.

"Itu baru 15 Desa yang terdata, belum Desa - Desa lainnya. Sebagian besar mereka tidak sekolah di usia SMP dan sudah mengenal uang atau prioritasnya sudah mengejar ekonomi," kata Kesumajaya kepada posbelitung.co, Minggu (1/4/2018).

Selain ekonomi, kata Kesumajaya, yang membuat mereka tidak melanjutkan pendidikan yaitu disebabkan faktor lingkungan. Dilingkungan tersebut rata - rata anak usia sekolah, namun tidak bersekolah.

"Itu yang paling banyak di Desa Baru, maka dari itu disini faktor lingkungan menentukan. Orang tua sekarang harus berfikir, bagaimana agar membuat anak berpola pikir bahwa pendidikan nomor satu dari pada yang lainnya," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved