BangkaPos/

Kuliner

Nikmatnya Kue Pelite, Coba Satu Pingin Nambah Lagi

kue Pelite sering dijadikan oleh-oleh ketika warga bepergian ke luar daerah. Bahkan Kue Pelite dibawa hingga ke beberapa negara, seperti Belanda

Nikmatnya Kue Pelite,  Coba Satu Pingin Nambah Lagi
Bangkapos/ Nordin

Laporan Wartawan Bangka Pos, Muhamad Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Penganan satu ini bentuknya sederhana, namun memiliki cita rasa gurih. Rasa dominan lemak manis, dikemas dalam daun pandan yang dibuat menyerupai mangkuk.

Kue khas daerah itu banyak diminati tak hanya oleh konsumen lokal, namun hingga ke manca negara, termasuk Belanda.

Bagi Warga Muntok Kabupaten Bangka Barat, pasti tidak asing dengan penganan, Pelite. Kue ini dibuat menggunakan tepung beras, santan kelapa dan gula yang dicampur menjadi satu.

Bahan racikan itu kemudian dimasukkan ke dalam daun pandan menyerupai mangkok tadi, lalu dikukus hingga matang agar siap dihidangkan.

"Hmm...nyam...nyam...saya paling senang rasa original, karena khas sekali," kata Khairul (22), Warga Muntok, ketika menyantap kue ini, Kamis (29/3/2018).

Rasa Kue Pelite katanya, tak kalah dengan penganan khas daerah lain. Kue itu terasa wangi karena dibalut menggunakan daun pandan.

Bahan-bahan yang digunakan pun alami dan mudah didapatkan. Selain itu proses pembuatannya terbilang tradisional.

"Wangi pandannya khas sekali, apalagi rasanya, coba satu pengen nambah lagi," katanya.

Ny Yulia (64), Warga Kelurahan Tanjung Muntok Bangka Barat, satu diatara pembuat Kue Pelite kepada Bangka Pos Groups, Kamis (29/3/2018), berbagi kisah seputar bisnis kue olahannya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help