Petani Harus Ikut Pelatihan Dulu untuk Dapatkan Bibit Lada Gratis

Sistem kita memberikan bantuan bibit ini, kalau mau nanam lada silahkan belajar dulu ke Pelempang, pulang

Petani Harus Ikut Pelatihan Dulu untuk Dapatkan Bibit Lada Gratis
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKPOS.COM, BANGKA - Petani lada di Provinsi Kepualauan Bangka Belitung harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan bibit lada gratis dari pemerintah.

Para petani akan diberikan bekal pengetahuan di UPTD Air Pelempang, milik Pemprov Babel. Perubahan sistem pemberian bantuan bibit lada ini diyakini dapat meningkatkan kemapuan petani menanam lada.

"Sistem kita memberikan bantuan bibit ini, kalau mau nanam lada silahkan belajar dulu ke Pelempang, pulang dari Pelempang baru kami kasih bibit. Jadi yang tidak belajar enggak dikasih bibit," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan selama ini, masih banyak petani di Babel memanfaatkan ilmu turun temurun dalam menanam lada, oleh karena itu harus diberikan pengetahuan.

"Bantuan bibit termasuk meremajakan, yang terjadi selama ini petani menanam dengan ilmu yang otodidak makanya banyak yang gagal, kadang umur lada petani enggak panjang sudah terserang penyakit kuning, karena memang waktu beli bibitnya sudah sakit kuning, baru tahu sakit kuning setelah 1 tahun. Ini yang mau kita edukasi," jelasnya. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved