Potensi Usaha Rotan Terentang Menjanjikan

Usaha kerajinan rotan di Desa Terentang Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi yang patut dikembangkan.

Potensi Usaha Rotan Terentang Menjanjikan
Istimewa
Kades dan Perangkat Desa Terentang 

USAHA rotan di Desa Terentang Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi yang patut dikembangkan. Pasalnya hampir seluruh warga di desa ini menggeluti usaha ini.

Beragam kerajinan dihasilkan dari rotan mulai dari kursi, ambong, tudung saji, tempat tidur, hingga perlengkapan rumah tangga lainnya.

Kades Terentang Zulkarnain menuturkan, usaha kerajinan rotan ini sudah turun temurun dilakukan warga. Hasilnyapun sudah dibeli dari berbagai daerah di Bangka hingga luar daerah.

“Rencananya kami akan membuat semacam galeri untuk pengembangan usaha masyarakat ini, tujuannya agar hasil kerajinan ini terpadu dan bisa dilihat siapapun,” terangnya.

Dalam menjalankan usa­ha ini bahan baku adalah modal utamannya. Untuk memenuhi permintaan warga dari berbagai desa seperti Sungai Selan, Mendo, Jebus dan sebagainya.

Sebetulnya desa bersama warga sudah mulai berinisiatif untuk melakukan pembibitan rotan, karena membutuhkan waktu yang lama usaha inipun terhenti.

“Kendala memang di bahan baku, kemudian juga pemasaran produk yang telah dibuat,” ujar Zulkarnain.

Produk kerajinan tangan warga Desa Terentang
Produk kerajinan tangan warga Desa Terentang (Istimewa)

Bapak tiga anak ini melanjutkan, di desanya memiliki tradisi yang perlu dilestarikan dan selalu disambut warga dengan antusias yakni sedekah kampung.

Saat acara ini digelar berbagai kegiatan berlangsung meriah, misalnya khataman Al Qur’an hingga membuat dodol.

“Masyarakat tumpah ruah dengan cara diarak keliling kampung, ada hiburan juga,” sebutnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help