Advertorial

28 Siswa di Pulau Belitung Lolos Program Beasiswa PT Timah

Suta menjelaskan, beasiswa PT Timah rutin diselenggarakan setiap tahun dan berkoordinasi dengan dinas pendidikan

28 Siswa di Pulau Belitung Lolos Program Beasiswa PT Timah
Net
Pt timah

Laporan Wartawan Pos Belitung, Wahyu Kurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Sebanyak 28 siswa SMP dari berbagai kecamatan di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) lolos seleksi administrasi Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk tahun pelajaran 2018/2019.

Mereka selanjutnya mengikuti tes potensi akademik, psikotes, dan wawancara di aula SMP Negeri 2 Tanjungpandan.

Para siswa penerima beasiswa yang lolos nantinya akan melanjutkan pendidikan mereka di SMA Negeri 1 Pemali, Kabupaten Bangka.

Beasiswa diberikan secara penuh baik untuk biaya sekolah maupun untuk kebutuhan hidup para siswa.

"Dari Belitung kemarin kita kirim 21 siswa untuk seleksi administrasi, yang lolos 14 anak, dari Beltim juga 14 anak, tadi mereka semua tes akademik, psikotes, dan wawancara di SMP Negeri 2 Tanjungpandan," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Sutawija kepada posbelitung.co, Selasa (3/4/2018).

Suta menjelaskan, beasiswa PT Timah rutin diselenggarakan setiap tahun dan berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten kota.

Dari 14 siswa yang mengikuti tes, akan diambil empat siswa untuk menerima beasiswa bersekolah di SMA Negeri 1 Pemali.

"Tahun lalu dari Belitung yang dapat beasiswa PT Timah ini berasal dari SMP Negeri 4 Membalong di pulau Seliu dan SMP Negeri 5 Membalong di Aik Kundor," kata Suta.

Suta mengatakan, penerima beasiswa ini merupakan siswa yang tergolong berprestasi dan sekaligus kurang mampu secara ekonomi.

Ia pun berharap ke depan kuota beasiswa sebanyak empat siswa per kabupaten bisa ditambah lebih banyak lagi.

Hingga kini, program beasiswa PT Timah adalah satu-satunya yang diberikan oleh kalangan dunia usaha atau BUMN di Kabupaten Belitung.

Sisanya beasiswa untuk siswa SMP berasal dari Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan Beasiswa ini diberikan kepada anak yang memegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang tunai untuk kebutuhan sekolah selama satu tahun.

"Tahun lalu kita dapat beasiswa PIP untuk 1.642 siswa, untuk SMP ini nilainya 700 ribu rupiah per tahun per anak, dari sekolah negeri maupun swasta," kata Suta. (Advertorial)

Penulis: wahyu
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help