Pajak BPHTB Pangkalpinang Jauh Lebihi Target Karena Banyak Rumah Subsidi

Pemerintah Kota‎ Pangkalpinang mengandalkan pendapatan dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

Pajak BPHTB Pangkalpinang Jauh Lebihi Target Karena Banyak Rumah Subsidi
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Kepala Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah Kota Pangkalpinang Sri Handayani 

Laporan Wartawan ‎Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- ‎ Pemerintah Kota‎ Pangkalpinang mengandalkan pendapatan dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai pundi-pundi pajak daerahnya.

Kepala Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah Kota Pangkalpinang Sri Handayani menuturkan, realisasi pajak dari keduanya naik dan melampaui target karena beberapa hal.

"PPJ itu meningkat karena ada kenaikan tarif 10 persen, dan BPHTB itu seiring banyaknya perumahan subsidi dan tingginya transaksi jual beli tanah," kata Sri didampingi Kasi Pendataan dan Penetapan Pajak Sunanto dan Staf Khusus Bakuda Pangkalpinang M. Hartomo Effendi kepada Bangka Pos, Rabu (4/4/2018).

Sebagai gambaran, ‎lebih dari 50 persen total realisasi pajak daerah Kota Pangkalpinang pada 2017 disumbangkan dari dua jenis pajak tersebut. Masing-masing realisasinya Rp 30 Miliar (dari target Rp 27 Miliar) untuk PPJ dan Rp 25 Miliar (target Rp 16 miliar) untuk BPHTB.

Dari keduanya, total pajak daerah yang dikumpulkan pada 2017 adalah Rp 55 Miliar. Itu artinya lebih dari 50 persen realisasi Pajak Daerah Kota Pangkalpinang pada 2017 sebesar Rp 84 miliar (dari target Rp 66 Miliar).

Bakuda Pangkalpinang menargetkan perolehan pajak daerah mereka menjadi Rp 73 miliar ‎pada 2018 ini. PPJ dan BPHTB tetap akan menjadi andalan.‎ Sri Handayani optimistis target tersebut tercapai.
"Insha Allah tercapai. Sampai akhir Maret, atau per triwulan pertama, realisasinya sudah 25, 17 persen," ucapnya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved