Ini Alasan Belitung Perlu Bangun Embung

Annyta mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan tim LIPI Belitung tidak memiliki cadangan air tanah dalam

Ini Alasan Belitung Perlu Bangun Embung
Embung Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Kamis (25/4/2013). Tempat penampungan air dari mata air di Gunung Api Purba Nglanggeran itu untuk mengairi Kebun Buah Nglanggeran seluas 20 hektar, tempat budidaya buah durian dan kelengkeng. Embung ini juga untuk menambah daya tarik kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran(KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Litbang Bappeda) Kabupatan Belitung, Annyta mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan tim LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Belitung tidak memiliki cadangan air tanah dalam.

Hal tersebut dikarenakan sekitar kedalaman 20-30 meter dari permukaan tanah terdapat dataran batu granit yang menyebabkan Belitung hanya memiliki cadangan air tanah dangkal.

"Jika kedepannya ingin meningkatkan pariwisata, tentu ini akan sangat berpengaruh dengan cadangan air yang dimiliki," ujarnya, Kamis (5/4/2018).

Melihat hasil penelitian LIPI seperti yang dikatakan Annyta, tingginya curah hujan di Belitung, maka memang pembangunan embung menjadi hal yang penting dilakukan, agar persediaan air permukaan dapat menanggulangi kurangnya persediaan air tanah dalam.

Tentunya hal tersebut juga dapat dimanfaatkan masyarakat juga mendukung pariwisata.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved