Penjabat Sekda Bangka Minta 14 Kades Segera Bentuk BUMDes

Sekda Bangka Akhmad Mukhsin meminta para kepala desa di Kabupaten Bangka yang belum membentuk BUMDes segera membentuk BUMDes.

Penjabat Sekda Bangka  Minta 14 Kades Segera Bentuk BUMDes
Bangka Pos / Nurhayati
Penjabat Sekda Bangka Akhmad Mukhsin 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Penjabat Sekda Bangka Akhmad Mukhsin meminta para kepala desa (kades) di Kabupaten Bangka yang belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) segera membentuk BUMDes.

Diakuinya dari 62 desa di Kabupaten Bangka baru terbentuk 48 BUMDes yang masih tersisa 14 BUMDes.

"Ini komitmen pemerintah daerah saat rapat di Tanjung Pesona kita menyampaikan pembentukan BUMDes untuk Kabupaten Bangka dapat terealisasi 100 persen tahun 2018. Oleh sebab itu saya sangat berharap seluruh jajaran kades yang belum membentuk BUMDes untuk segera bermusyawarah membentuk BUMDes paling lama Agustus 2018 karena banyak sekali manfaatnya," ungkap Mukhsin saat rapat koordinasi dengan para pengurus BUMDes, Sabtu (7/4/2018) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat.

Disampaikannya, setiap desa ada potensi produk yang bisa dikembangkan melalui BUMDes untuk meningkatkan perekonomian desa.

"Alhamdulillah gubernur sudah menyampaikan pada rapat PPID tim pengendalian inflasi daerah beliau sangat konsen membentuk desa mart. Ini suatu tantangan sekaligus peluang bagi BUMDes untuk bagaimana mengelola membentuk desa mart," kata Mukhsin.

Menurutnya peluang ini jangan disia-siakan karena ditangan direktur BUMDes dan para kades tingkat perekonomian desa dipertaruhkan.

Dia mengingatkan jangan sampai masuknya toko modern sehingga BUMDes yang diberikan peluang oleh gubernur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa tidak dimanfaatkan.

"Mari bersinergi BUMDes ini untuk menghidupkan perekonomian di desa masing-masing. Modal utama aset desa yang dipisahkan yang dijadikan penyertaan modal oleh pemerintah desa. Mari bersama-sam bergerak bergandengan tangan. Gubernur sudah memberi fasilitas untuk perkembangan BUMDes. Jangann ada niat kades untuk tidak membentuk BUMDes sangat disayangkan," tegas Mukhsin.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved