Usai Ritual Selamat Laut di Gusong Cine, Nelayan Dilarang Melaut, Ini Alasannya

Bila ada yang berniat buat melaut, silahkan dicegah oleh warga yang melihat dan jika orang tersebut masih

Usai Ritual Selamat Laut di Gusong Cine, Nelayan Dilarang Melaut, Ini Alasannya
Pos Belitung/Disa Aryandi
Prosesi selamat laut, Minggu (8/4) di pantai Gusong Cine, Dusun Lidun, Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR - Usai pelaksaan ritual selamat laut di Gusong Cine, Dusun Lidun, Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Minggu (8/4/2018) Dukun Kampong setempat Mariyadi berpesan agar nelayan atau masyarakat tidak turun melaut selama tiga hari tiga malam.

Ini tentunya untuk menjaga keselamatan masyarakat itu sendiri, lantaran warga setempat baru selesai melaksanakan prosesi adat.

Bila ada yang berniat buat melaut, silahkan dicegah oleh warga yang melihat dan jika orang tersebut masih nekat, maka bukan menjadi kesalahan mereka.

"Kalau ada warga luar kampung sini ingin melaut kesini, silahkan tegur, sebut kami baru selesai melaksanakan selamat laut. Setelah tiga hari tiga malam, silahkan kalau mau melaut," kata Mariyadi, Minggu (8/4/2018).

Ia berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk saling menjaga perairan laut yang sangat luas ini.

Terutama dengan cara menjaga kelestarian, dan tidak membuang sampah dipesisir pantai laut tersebut.

"Kalau ada ikan yang busuk, jangan buang dilaut, bawa kedarat. Begitu juga kalau ada memasang pukat (jaring) ketam, jangan disembarang tempat, ada bagian-bagiannya," ucapnya.

Selain itu, kata dia, bagi masyarakat yang biasa ngimpang (mencari kerang) untuk tidak memecahkan kerang tersebut di laut, namun dibawa ke daratan.

"Termasuk kapal yang sudah tidak dipakai, jangan diletakan dipinggir laut, tapi bawa ke darat, jangan sampai nanti anak - anak bermain dilaut, kenak paku. Jaga pantai kita, jangan sampai kotor," ujarnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help