Bangun Kepedulian Terhadap Sampah, Siswa MAN IC Bateng Buat Program Edu-Analisa

Berangkat dari keprihatinan akan pentingnya pengelolaan sampah, sekelompok siswa MAN Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng)

Bangun Kepedulian Terhadap Sampah, Siswa MAN IC Bateng Buat Program Edu-Analisa
Istimewa
KETUA Kelompok Program Home Stay Arif Hidayatul Fadilah saat memberikan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah kepada siswa SDN 1 Sungaiselan, Sabtu (7/4/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Herru W

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berangkat dari keprihatinan akan pentingnya pengelolaan sampah, sekelompok siswa MAN Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) membuat program Edu-Analisa (Edukasi-Ambil, Kenali, dan Kendalikan Sampah).

Program ini merupakan salah satu upaya edukasi kepada siswa SD untuk membangun kepedulian terhadap sampah.

Program Edu-Analisa ini merupakan bagian dari kegiatan Home Stay (Pengabdian Masyarakat) MAN IC Bateng yang dilaksanakan di Kecamatan Sungaiselan.

Anik Nur Qomariyah, S. Hum selaku Pembimbing Kelompok dalam rilis Humas MAMN IC Bateng kepada Bangkapos.com, Senin (9/4/2018) mengatakan, ide program ini memang berasal dari siswa sendiri. Jauh sebelum kegiatan Home Stay dilaksanakan, secara berkelompok mereka sudah merencanakan beberapa program.

"Saya hanya membimbing mereka saja, tidak banyak melakukan intervensi. Paling cuma memberikan beberapa pertimbangan. Selebihnya anak-anak sendiri yang berpikir, " ungkap Anik ditemui saat mendampingi siswa di SDN 1 Sungaiselan, Sabtu (7/4/2018).

Ada dua kegiatan dari program Edu-Analisa ini yaitu, penyuluhan tentang sampah dan lomba tong sampah kreatif yang diikuti oleh siswa kelas V SD.

"Hari ini kita melakukan penyuluhan mengenai sampah. Jadi siswa SD kita kenalkan beberapa jenis sampah dan bagaimana mengolahnya dengan baik", terang Arif Hidayatul Fadilah Ketua kelompok kegiatan Home Stay MAN IC Bateng.

Arif berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa SD akan pentingnya mengelola sampah. "Memang harus sejak dini mereka, (siswa SD--red), dikenalkan bagaimana mengelola sampah. Karena kita tau bersama bahwa, sampah akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik, contohnya banjir," paparnya optimis. (*)

Penulis: Herru W
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved