Warga Tebing Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanam Sayur Mayur Hingga Buah-buahan

Warga Desa Tebing yang berada di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat ini patut menjadi contoh.

Warga Tebing Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanam Sayur Mayur Hingga Buah-buahan
Istimewa
Perangkat Desa Tebing Kecamatan Kelapa 

BANGKA POS - Desa yang berada di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat ini patut menjadi contoh. Warganya giat bercocok tanam dan memanfaatkan lahan yang ada.

Desa Tebing namanya. Mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian dan perkebunan, seperti lada, karet, sawit hingga sayur mayur.

Kades Tebing, Adi Putra menyampaikan, pihaknya sedang berupaya membang­un dan mengembangkan potensi yang ada di desa deng­an melibatkan warga, yaitu dengan cara pemberdayaan masyarakat, memanfaatkan lahan yang ada seperti pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

“Kami sedang berupaya membangun dan mengembangkan potensi yang ada desa, tujuannya agar desa ini lebih dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Memanfaatkan pekarangan rumah bukanlah satu-satunya program yang saat ini dikembangkan, namun juga pendataan produk usaha masyarakat juga dilakukan.

Cukup banyak produk yang dihasilkan warga setempat, seperti olahan ubi hingga menjadi makanan siap makan hingga kerajinan anyaman.

Melalui pelatihan-pelatihan, promosi dan membangun jaringan bisnis merupakan cara untuk mengembangkan itu semua, tentunya agar produk usaha bisa bersaing.

“Pemdes sangat bersemangat mengembangkan kreativitas warga guna meng­angkat dan mempromosikan potensi yang ada, tentunya menjadi nilai ekonomis warga,” sebutnya.

Dia melanjutkan, di bidang pembangunan, berbagai fasilitas penunjang masyarakat telah dibangunn seperti jalan, posyandu dan juga PAUD.

Semuanya merupakan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah setempat, melalui perencanaan yang telah diusulkan terlebih dahulu.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved