Video

Atraksi Pasukan Huru Hara Hingga Pemadaman Api pada Apel HUT Pol PP Pangkalpinang‎

Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar apel memperingati HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - ‎Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar apel memperingati HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56, dan Satuan Pemadam Kebakaran ke-99 di halaman Kantor Wali Kota, Kamis (12/4/2018).

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pangkalpinang Asyraf Suryadin menjadi inspektur upacara pada apel ini.

‎Apel diisi dengan pembacaan sejarah singkat masing-masing satuan hingga menyajikan berbagai atraksi.

Satpol PP Pangkalpinang misalnya mendomonstrasikan formasi pasukan penangananan huru-hara.

Adapun satuan Damkar mendemonstrasikan‎ penanganan kebakaran menggunakan karung basah, apar (alat pemadam api ringan), hingga armada damkar Kota Pangkalpinang.

Dalam demonstrasi itu, Asyraf dan pejabat Forkominda Kota Pangkalpinang hingga Sekda Pangkalpinang Radmida Dawam misalnya diajak untuk mencoba memadamkan api menggunakan apar.

Asyraf berharap, Satpol PP Kota Pangkalpinang dapat lebih profesional dalam mengayomi masyarakat, semakin dewasa, dan tegas dalam penegakan peraturan daerah (perda) di Kota Pangkalpinang.

"Karena biar bagaimanapun, perda yang disepakati antara Pemkot Pangkalpinang dan DPRD‎, itu harus dilaksanakan, ditegakkan bersama-sama, dan disosialisasikan sehingga masyarakat lebih paham tentang aturan-aturan yang ada," kata Asyraf.

Dalam apel yang dihadiri camat, lurah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, hingga pejabat Forkominda Pangkal‎pinang tersebut, Asyraf membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan hal yang senada. Masing-masing satuan diminta untuk terus meningkatkan kualias pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah. ‎

Satpol PP, Satlinmas, dan Satuan Damkar juga diminta mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Ini sesuai dengan tema peringatan ‎Hari Jadi Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 "Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018", Hari Jadi Pemadam Kebakaran ke-99 yang bertemakan "Optimalisasi Peram Pemadam Kebakaran dalam Menghadirkan Perlindungan Masyarakat Menyongsong Pilkada Serentak 2018,"

Tema tersebut merujuk kepada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP, Satlinmas, dan Satuan Damkar sebagai Perangkat Daerah yang tu‎rut memberikan dukungan untuk kelancanaran pelaksaan Pilkada 2018.

Terdapat relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan perda dan perkada serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta Satlinmas yang memiliki tugas pokok dan fungsi antara lain membantu menjaga ketentraman dan ketertiban umum penyelenggaraan pemilu dan pemilukada baik sebelum, maupun setelah pelaksanaan pemungutan suara, membantu Pencegahan kebakaran, pemadan kebakaran, penyelematan jiwa, dan ancaman kebakaranean bencana lain.

"Momen tahapan Pilkada Serentak menjadi sangat penting bagi kita semua terutama bagi jajaran Satpol PP, Satlinmas, dan Satuan Damkar di daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam. Untuk menyikapi situasi dan kondisi iyang akan terjadi tersebut, sesuai tupoksinya, aparat Satpol PP, Satlinams, dan Satuan Damkar di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini," tutur Asyraf dalam sambutannya.‎ (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help