Leisure Bangka Belitung

Mau Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Menteri Pariwisata Ungkap Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, memberi angin segar soal penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sungailiat Bangka.

Mau Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Menteri Pariwisata Ungkap Ini Syarat yang Harus Dipenuhi
Bangka Pos / Ferylaskari
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, mengenakan kemeja putih didampingi Gubernur Babel Erzaldi R Djohan dan anggota REI, saat acara bedah rumah di Lingkungan Rambak Kelurahan Jeliti Sungailiat Bangka, Jum'at (13/4/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, memberi angin segar soal penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sungailiat Bangka. Namun sebelum itu terjadi, hendaknya ada beberapa hal yang harus dibenahi, antara lain homestay di sekitar KEK yang dimaksud.

Hal ini ditegaskan oleh Arief Yahya di Acara Peresmian Bedah Rumah dalam rangka HUT ke 46 REI di Lingkungan Rambak Kelurahan Jeliti Sungailiat Bangka, Jum'at (13/4/2018).

"Saya harapkan kawasan ekonomi khusus yang akan kita bangun dan disetujui, maka yang harus dibangun adalah masyarakatnya. Ini adalah contoh bagus sekali, disini kita menyumbang dulu untuk masyarakat," katanya.

Menurut Arief, sebelum KEK disetujui, maka desa wisata maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis) lebih dulu dibentuk. "Nah tadi saya ceritakan agar desa wisatanya dibangun dulu, Pokdarwisnya dibangun dulu, baru kita bangun kawasan yang ada KEK kita," katanya.

Yang terakhir, seandainya nanti pembangunan homestay disetujui kata Arief, maka dia mohon diutamakan pembangunan untuk masyarakat di sekitar kawasan ekonomi ini, diperhatikan.

"Jadi kalau KEK di Sungailiat ini disetujui, maka mohon dibangun di sekitar KEK Sungailiat adalah homestay-homestay dengan skema MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), yang uang mukanya hanya satu persen, misal Rp 150 juta, uang mukanya hanya Rp 1,5 juta, bunganya lima persen, jadi tidak naik-naik, sewanya 20 tahun," jelasnya.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved